PLN Terangi 14 Kabupaten di Papua dan Papua Barat

PLN Terangi 14 Kabupaten di Papua dan Papua Barat
Ilustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com - JAKARTA – Warga di 14 kabupaten di Provinsi Papua dan Papua Barat kini boleh lega. Sebab, warga di daerah tersebut sudah mendapatkan layanan listrik dari Perusahaan Listrik Negara.

Hal ini dipastikan setelah dilakukannya serah terima operasi (STO) sistem kelistrikan yang ada di daerah tersebut kepada PLN.  Dengan demikan, PLN secara penuh mengelola dan mengoperasikan seluruh pembangkit dan jaringan listrik yang ada.

Di mana sebelumnya Pemerintah Daerah (Pemda) di 14 kabupaten ini secara mandiri mengelola dan mengoperasikan sistem kelistrikan masing-masing.

Empat belas kabupaten tersebut adalah Yahokimo, Puncak Jaya, Yalimo, Membramo Tengah, Membramo Raya, Intan Jaya, Lanny Jaya, Tolikara, Puncak, Deiyai, Pegunungan Arfak, Raja Ampat, Tambrauw dan Teluk Wondama.

”Karena adanya keinginan masyarakat dan tekad PLN untuk menerangi seluruh nusantara telah mendorong terwujudnya kerjasama strategis ini,” ungkap Direktur Bisnis Regional Maluku & Papua Haryanto W.S, kemarin.

“Hal ini juga tidak terlepas dari peran serta pemda setempat untuk melakukan sinergi dalam infrastuktur kelistrikan, peningkatan rasio elektrifikasi adalah salah satu persembahan PLN untuk rakyat dalam rangka menyambut Ulang Tahun RI ke 71," imbuhnya.

Haryanto menegaskan bahwa PLN secepatnya melakukan pengembangan dan penyempurnaan sistem kelistrikan yang ada. Selanjutnya PLN akan membangun pembangkit dan jaringan distribusi baru dalam rangka memperluas daerah layanan dan meningkatkan rasio elektrifikasi di 14 kabupaten itu.

Untuk tahap pertama, PLN akan mengelola dan mengoperasikan pembangkit listrik di lima kabupaten, yakni Raja Ampat, Pegununan Arfak, Deiai, Teluk Wondama dan Yakuhimo.

JAKARTA – Warga di 14 kabupaten di Provinsi Papua dan Papua Barat kini boleh lega. Sebab, warga di daerah tersebut sudah mendapatkan layanan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News