Inilah Nama-nama Juara Transmigran Teladan 2016

Inilah Nama-nama Juara Transmigran Teladan 2016
Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Munaksan dari Provinsi Sulawesi Tengah meraih juara pertama Transmigran Teladan 2016.  Juara kedua diraih Munjung dari Provinsi Nusa Tenggara Barat dan juara ketiga diraih Disro dari Provinsi Sumatera Selatan. 

Penghargaan langsung diberikan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT) Eko Putro Sandjojo, ‎sebagai bentuk apresiasi kepada para insan yang telah membantu menyukseskan program transmigrasi. Khususnya para tansmigran dan pembina pemukiman transmigrasi di seluruh Indonesia.

‎"‎Pemberian penghargaan diharapkan dapat menjadi pendorong peningkatan motivasi para transmigran dan petugas pembina pemukiman transmigrasi yang ada di daerah lain untuk meningkatkan prestasi dan kinerjanya,” ujar Eko, Selasa (16/8).

Menurut ‎Eko, fakta menunjukkan penyelengaraan transmigrasi selama ini telah memberikan manfaat yang besar bagi tumbuh berkembangnya wilayah potensial di tanah air. 

Bahkan  telah mendorong terbentuknya kota-kota baru, di antaranya menjadi dua ibu kota provinsi, 104 ibu kota kabupaten, 385 kecamatan dan lebih dari 1.185 desa baru.

“Desa-desa definitif tersebut membangun dan mempercepat tumbuhnya desa-desa mandiri, mengintegrasikan desa-desa dalam kawasan transmigrasi menjadi desa yang mandiri dan maju,” ujar Eko.

Karena itu melalui program dan kegiatan yang ada, Eko berharap transmigrasi secara sistimatis dan berkelanjutan mampu mensinergikan potensi sumberdaya alam dan tenaga kerja produktif, menjadi kekuatan nyata yang mendorong terciptanya ketahanan pangan, berkembangnya kehidupan ekonomi kerakyatan.

“Kondisi itu tentu sangat membantu dalam menciptakan kesempatan kerja dan peluang kewirausahaan dan pengentasan kemiskinan sekaligus penataan persebaran penduduk yang serasi dan seimbang,” ujar Eko.

JAKARTA - Munaksan dari Provinsi Sulawesi Tengah meraih juara pertama Transmigran Teladan 2016.  Juara kedua diraih Munjung dari Provinsi Nusa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News