Perayaan HUT RI di Lapas Pecahkan 2 Rekor MURI

Perayaan HUT RI di Lapas Pecahkan 2 Rekor MURI
Lomba bakiak di Lapas Pontianak. Foto; Rakyat Kalbar

jpnn.com - PONTIANAK - Suasana Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II A Pontianak tampak tak seperti biasa, Senin (15/8). Para warga binaan mengikuti berbagai lomba menyambut HUT Indonesia ke-71.

Salah satunya ialah lomba balap terompah. Mereka tampak mengenakan baju adat saat mengikui lomba. Semua warga binaan tampak saling memberi dukungan pada rekan-rekannya.

“Senang kami bang. Kami terhibur dengan hal ini. Jarang-jarang bisa membaur dan saling kenal dengan warga binaan lainnya,” tutur Syarifah Metty, warga binaan kasus narkoba pada reporter Rakyat Kalbar Ocsya Ade CP.

Acara itu merupakan prakarsa Ditjen PAS Kemenkumham. Kegiatan itu pun memecahkan dua rekor MURI karena melibatkan semua warga binaan di seluruh Indonesia.

Yakni menyanyikan lagu nasional secara serempak dan lomba terompah panjang terbanyak. Di Kalimantan Barat, acara itu setidaknya melibatkan lebih dari tiga ribuan warga binaan dan pegawai lapas dan rutan.

“Untuk keseluruhan di Indonesia sekitar 150 ribu warga binaan dari sekitar 400 lapas dan rutan. Sedangkan di Kalbar, lebih dari tiga ribuan warga binaan dari seluruh lapas dan Rutan yang ada di sini. Angka itu termasuk pegawainya,” ujar Bambang Widodo, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalbar.

Namun, lanjut dia, hanya ada enam lapas dan rutan yang tersorot kamera dan disaksikan langsung Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly di halaman Lapas Cipinang, Jakarta. Hal itu dikarenakan susahnya jangkauan koneksi. (rk/jos/jpnn)


PONTIANAK - Suasana Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II A Pontianak tampak tak seperti biasa, Senin (15/8). Para warga binaan mengikuti berbagai


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News