Tahan Tangis, Ketua DPRD Peluk Bocah Penderita Gizi Buruk, Kemudian...

Tahan Tangis, Ketua DPRD Peluk Bocah Penderita Gizi Buruk, Kemudian...
Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Ade Ruhandi menggendong Sifa. Foto: source for JPNN. com

jpnn.com - BOGOR - Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Ade Ruhandi mendadak meninggalkan Lapangan Tegar Beriman, Bogor, Rabu (17/8), setelah upacara HUT ke-71 RI.

Bukan tanpa alasan pria yang akrab disapa Jaro Ade itu pergi. Dia sengaja pergi usai mendapat informasi bahwa ada anak yang menderita gizi buruk akut dan tidak mendapatkan jaminan kesehatan.

Jaro hanya bisa menahan tangis saat tiba di kediaman Siti Fatimah (10 tahun). Sifa, demikian biasa orang memanggilnya, yatim piatu penderita gizi buruk akut. 

Sifa adalah putri ketiga dari almahrum Sanif dan ibunya bernama Emah yang sudah ditinggalkan kurang lebih dua tahun. Kini Sifa hanya tinggal bersama kakaknya bernama Hendar dan Riswan di Jl. Gunungsari, Rt 3/1 Kampung Tonggoh Desa Gunung Sari Kecamatan Citeureup, tak jauh dari pusat pemerintahan daerah Kabupaten Bogor, di Cibinong.

Sifa dan kakaknya tinggal di dalam rumah yang sangat tidak layak huni. Rumah itu, selain bocor, juga sangat rapuh bahkan nyaris roboh. 

Tanpa pikir panjang, Jaro Ade langsung memeluk dan menggendong Fatimah ke mobil untuk dibawa ke RSUD Cibinong. “Hakikat kemerdekaan adalah merdeka dari penjajahan dan merdeka dari kemiskinan, tidak boleh masyarakat Indonesia menderita karena lemahnya sistem baik leadership maupun administrasi yang berbelit,” tegas Jaro Ade ditemui di RSUD Cibinong, Rabu (17/8).

Dia pun menegaskan, tidak boleh ada rumah sakit pemerintah daerah maupun swasta yang menolak pasien miskin di Bumi Tegar Beriman. 

“Layani dan lakukan pertolongan pertama, masalah biaya atau administrasi lainnya bisa dibicarakan. Kita akan carikan jalan penyelesaiannya. Saya tidak pernah malu, sebagai Ketua DPRD dan manusia biasa. Semua sama di mata Tuhan. Lihat presiden kita Pak Jokowi selalu mencontohkan bagaimana seorang pemimpin peka dan responsif terhadap masalah rakyat," kata Jaro Ade. (adk/jpnn)


BOGOR - Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Ade Ruhandi mendadak meninggalkan Lapangan Tegar Beriman, Bogor, Rabu (17/8), setelah upacara HUT ke-71 RI. Bukan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News