Malam Agustusan Malah Dihabiskan untuk Ngelem

Malam Agustusan Malah Dihabiskan untuk Ngelem
Ilustrasi. Foto: AFP

jpnn.com - BALIKPAPAN – Anggota patroli motor (Patmor) Direktorat Sabhara (Ditsabhara) Polda Kaltim menangkap enam remaja yang sedang ngelem di Gunung Dubs, Kecamatan Balikpapan Selatan, Selasa (16/8).

Enam ABG itu sedang berkumpul di kawasan yang minim lampu penerangan tersebut. Saat didatangi, pelaku pun ketakutan dan berusaha kabur. Tapi, pelarian mereka gagal.

Setelah dilakukan penggeledahan, polisi tidak menemukan benda mencurigakan. Namun, di lokasi mereka duduk, ditemukan beberapa kaleng lem fox dan plastik kemasan. Petugas menduga, ABG ini baru saja menghirup lem.

Petugas pun mengamankan enam ABG itu ke Markas Polres Balikpapan. “Kami data dan beri pembinaan,” sebut Kapolres Balikpapan AKBP Jeffri Dian Juniarta, kemarin.

Kasus ngelem yang berulang kali terjadi disesalkan Kasat Binmas Polres Balikpapan AKP Syarifah. Menurutnya, perilaku menyimpang ngelem terjadi karena kurangnya pengawasan orang tua. “Selain itu, mendapatkan barangnya mudah dan murah,” tuturnya.

Di pasar Balikpapan, harga lem fox dijual sebesar 12 ribu rupiah per kaleng. Remaja yang kecanduan ngelem, ucap Syarifah, menjadi awal timbulnya pelanggaran hukum.

Padahal risiko menghirup lem besi mengancam kerusakan sistem saraf, pernapasan, paru-paru, serta otak. Dia menambahkan, ngelem sama berbahayanya dengan memakai narkoba. (aim/riz/k18/jos/jpnn)


BALIKPAPAN – Anggota patroli motor (Patmor) Direktorat Sabhara (Ditsabhara) Polda Kaltim menangkap enam remaja yang sedang ngelem di Gunung


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News