Ternyata Di Sini Para Dukun Membeli Benda-benda Eksklusif Termasuk Hantu Jenglot

Ternyata Di Sini Para Dukun Membeli Benda-benda Eksklusif Termasuk Hantu Jenglot
Toko penjual benda-benda eksklusif. FOTO: Lombok Post/JPNN.com

jpnn.com - Benda ekslusif seperti cincin, jimat, keris, guci dan sejumlah benda yang kerap dianggap punya kekuatan mistis, ternyata dibeli dukun di toko khusus. Berikut laporannya.

LALU MOHAMMAD ZAENUDIN, Mataram

TAK ada bau kemenyan. Justru aroma parfum yang menyengat. Toko itu tak ada kesan, menjual benda-benda gaib dan mistis. Lebih mirip toko yang menjual permata dan benda mulia, sehingga harus tetap terjaga bersih. Bahkan debupun seakan dilarang menempel!.

Melanjutkan penelusuran tentang pasar Gaib dan Mistis di Pasar Cakranegara, Lombok Post (JPNN Group) menemukan fakta menarik di sebuah toko. Masih dalam deretan toko Gaib dan Mistis, sebuah toko ternyata menyediakan berbagai bentuk jimat, keris, hingga Hantu Jenglot!. Semuanya diperjualbelikan.

“Tapi ingat ya, kami jual kosongan (tanpa ada kekuatan gaibnya) yang ngisi mungkin dukun,” kata penjaga toko, Maya, sambil tertawa kecil.

Ia menuturkan orang-orang yang datang ke tempatnya, kebanyakan mencari benda-benda unik dan ekslusif. Tidak diproduksi secara masal dan dijual bebas. Karena itu, lanjut Maya, jika ada orang yang datang mencari Jimat atau benda gaib yang memiliki khasiat tertentu, Maya polos menjawab jika benda yang dijualnya tak memiliki khasiat apapun.

"Kalau mereka cari khasiat jimat, saya bilang ke mereka, kami tidak menjual khasiat. Itu syirik, tapi kami jual benda kosongan,” tuturnya.

Pengakuan Maya ini, mengungkap satu fakta menarik. Ini seolah mengubur anggapan, selama ini benda pemberian dukun selalu datang dari dunia gaib. Atau didapat dari tempat-tempat dengan kekuatan magis luar biasa. Sebut saja, Gua, Candi, Batu Besar, hingga pohon-pohon keramat. Rupanya, benda-benda itu banyak diperjualbelikan. Dukunpun membeli ke tempat itu.

Benda ekslusif seperti cincin, jimat, keris, guci dan sejumlah benda yang kerap dianggap punya kekuatan mistis, ternyata dibeli dukun di toko khusus.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News