Ahok Klaim Didukung PDIP, Yusril Pantang Menyerah

Ahok Klaim Didukung PDIP, Yusril Pantang Menyerah
Yusril Ihza Mahendra. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA—Isu yang beredar bahwa Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mendapat restu Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri  untuk Pilkada mendatang tidak membuat gentar lawan-lawannya. Salah satunya Yusril Ihza Mahendra. Yusril justru tampaknya belum sepenuhnya percaya atas klaim pria yang akrab disapa Ahok itu.

“Soal klaim Ahok itu sepenuhnya saya serahkan benar tidaknya kepada beliau. Andaikata klaim itu benar, maka keputusan PDIP itu tetaplah saya hormati. Pilihan politik selalu tidak mudah. Setiap keputusan pasti ada risikonya. Tentu PDIP telah memikirkan keputusannya dengan sematang-matangnya,” kata Yusril dalam siaran persnya.

Jika klaim itu tidak benar, Yusril mengatakan, PDIP tentu leluasa untuk menentukan pilihan terbaiknya. Menurutnya, PDIP bisa memilih tokoh lain yang dianggap paling tepat untuk memimpin Jakarta. Dia yakin sebagai partai besar PDIP sudah kaya pengalaman.

Yusril mengatakan saat ini Ahok memang cukup mahir bermanuver karena didukung banyak pihak. Termasuk dari Presiden Joko Widodo.

“Ahok memang lebih mudah bermanuver karena selain berposisi sebagai petahana dan didukung jaringan media mainstream, di belakang Ahok ada Jokowi yang kebetulan sedang menjabat Presiden RI. Dukungan Presiden kepada Ahok ini sudah menjadi rahasia umum, termasuk dalam hubungann”ya dengan proses pengambilan keputusan Pilgub DKI di internal PDIP,” imbuhnya.

Yusril justru menyesalkan jika Presiden terang-terangan menunjukkan dukungan pada Ahok. Sebagai negarawan, menurutnya, Presiden harusnya berada di atas semua paham dan golongan, sebagaimana digagas Bung Karno.

“Dalam pilkada, Presiden harusnya bersikap netral dan mengayomi semua kandidat yang akan maju ke pencalonan, bukannya malah bermanuver menunjukkan sikap pemihakan dan dukungan kepada Ahok sebagai salah satu kandidat,” tegasnya.

Melihat Ahok yang panen dukungan termasuk dari Presiden tidak membuat ciut nyali mantan Menteri Kehakiman dan HAM itu. Yusril memastikan akan tetap ikut Pilkada DKI Jakarta sampai akhir.

JAKARTA—Isu yang beredar bahwa Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mendapat restu Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri  untuk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News