Jokowi Perintahkan PT DI Hengkang dari Bandung

Jokowi Perintahkan PT DI Hengkang dari Bandung
Jokowi Perintahkan PT DI Hengkang dari Bandung

jpnn.com - BANDUNG- Presiden Jokowi menginstruksikan relokasi PT Dirgantara Indonesia (PT DI) ke Majalengka. Industri pesawat tersebut di Kota Bandung saat ini dinilai tidak representatif karena terlalu kecil.

Hal ini diungkapkan Direktur Utama PT DI, Budi Santoso usai bertemu Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan di Gedung Sate Kota Bandung, Kamis (18/8). Menurut Budi, dirinya dipanggil Presiden Jokowi ke Jakarta beberapa waktu lalu dan Presiden menanyakan luas pabrik PT DI saat ini.

Presiden pun terkejut karena PT DI berdiri di lahan seluas 50 hektare. “Masa pabrik kapal terbang (luasnya) 50 hektare, nanti enggak maju-maju,” kata Budi menirukan ucapan Presiden. Karena itulah, Majalengka kemudian menjadi pilihan relokasi dan langsung direstui oleh Presiden.

Nantinya, kata Budi, lokasi baru industri kebanggaan nasional ini akan berada di kawasan aerocity Kertajati, yang juga berdekatan dengan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati. Luas lahannya ditargetkan 5-6 kali lebih luas dari yang ada saat ini.

Namun, sambungnya, pemindahan PT DI ini dilakukan paling cepat dua-tiga tahun yang akan datang. “Ini masih dalam tahap awal, karena kita juga ingin tahu bagaimana perencanaannya di (kawasan aerocity) Kertajati, supaya schedule dan lain-lain disesuaikan,” katanya.

Pihaknya berharap lahan yang dibutuhkan bisa segera diperoleh. “Lahan dulu, yang penting lahan sudah dapat, kita akan rencanakan. Setelah (BIJB) Kertajati berdiri, baru kita mulai. Lahannya ada dulu, kita rencanakan secara bertahap memindahkan,” ujarnya.

Lebih lanjut dia katakan, nantinya PT DI di Kertajati ini khusus mengerjakan pesawat komersial. Adapun pengerjaan pesawat militer akan tetap dilakukan di lokasi PT DI saat ini yang berada di samping Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung.

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan menyambut baik rencana pemindahan PT DI tersebut. Menurutnya, hal ini akan berdampak positif terhadap keberadaan BIJB Kertajati. “Bandara (Kertajati) ini kan cukup besar, mungkin setara (bandara) Cengkareng. Lebih besar lagi karena ada aerocity. Di antara aerocity itu kemudian ada PT DI yang pindah ke sana,” katanya.

BANDUNG- Presiden Jokowi menginstruksikan relokasi PT Dirgantara Indonesia (PT DI) ke Majalengka. Industri pesawat tersebut di Kota Bandung saat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News