Luhut Panjaitan Jadi Warga Kehormatan Brimob karena Dinilai Berjasa

Luhut Panjaitan Jadi Warga Kehormatan Brimob karena Dinilai Berjasa
Luhut L Panjaitan. Foto: Dokumen JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Brigjen (Tituler) Luhut L Panjaitan ternyata sangat berjasa kepada Korp Brimob Polri. Betapa tidak, Luhut mengabdikan dirinya kepada Bapak Brimob sepanjang masa, Komjen (Purn) M Yasin.

"Iya, dia (Luhut) punya jasa dulu waktu zamannya Pak Yasin. Pak Luhut itu yang jaga Pak Yasin sampai beliau meninggal. Pak Yasin ini Bapak Brimob. Jadi Brimob merasa terharu zaman itu. Mungkin karena ada masukan-masukan, sehingga dia (Luhut) dikasih warga kehormatan‎," kata Kakorbrimob Polri Irjen Murad Ismail di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (19/8).

Luhut menjadi buah bibir setelah digiring paspampres ke luar Istana‎ Presiden, Jakarta Pusat, Rabu (17/8) lantaran menggunakan baju Polri resmi dan mengenakan pangkat bintang satu di pundaknya. Menurut Murad, baju Polri resmi yang diberikan kepada warga kehormatan tidak boleh digunakan di luar acara Polri.

"Tidak ada yang salah di sini. Karena ketidaktahuan saja," imbuh Murad. Menurutnya, Luhut bahkan mengantongi undangan untuk hadir dalam upacara‎ pengibaran bendera di Istana Presiden.

Luhut sendiri mendapat penghargaan tituler sesuai surat keputusan (Skep) Kep/57/XIX/Nov2014. Luhut merupakan ajudan dan perawat Komjen M Yasin, hingga menutup usia pada 2012 silam. 

Atas rekomendasi sejumlah perwira Polri, termasuk keluarga Komjen M Yasin, maka Luhut dinobatkan sebagai warga kehormatan dan diberikan gelar Tituler.

Namun, karena peristiwa yang terjadi pada saat upacara pengibaran bendera di Istana Presiden yang lalu, Korp Brimob akhirnya mencabut Skep Luhut, sebagai anggota Tituler.

"Kami sudah cabut. Tapi yang kami cabut itu masalah Skep. Saya diperintah Pak Kapolri (Jenderal Tito Karnavian). Kami sudah rapat, lalu dicabut Skep pangkat tituler itu," terang Murad.

JAKARTA - Brigjen (Tituler) Luhut L Panjaitan ternyata sangat berjasa kepada Korp Brimob Polri. Betapa tidak, Luhut mengabdikan dirinya kepada Bapak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News