Investasi Sukuk Cukup Rp 2 Juta, Bunga 6,9 Persen

Investasi Sukuk Cukup Rp 2 Juta, Bunga 6,9 Persen
Sri Mulyani. Foto: Jawa Pos

jpnn.com - JAKARTA – Masyarakat kini punya pilihan lain untuk berinvestasi dengan dana yang ramah bagi kantong. Sebab, pemerintah telah meluncurkan sukuk tabungan ST-001.

Investasi itu sangat ramah bagi kocek karena bisa dibeli minimal Rp 2 juta. Di tengah tren penurunan bunga saat ini, imbalan yang dijanjikan cukup menarik, yakni 6,9 persen per tahun.

Masyarakat luas sudah bisa membeli mulai 22 Agustus hingga 2 September 2016. Menkeu Sri Mulyani Indrawati mengatakan, diversifikasi yang ditempuh merupakan bukti bahwa pemerintah ingin mengembangkan instrumen pembiayaan APBN.

”Ini juga diharapkan bisa mendukung pengembangan pasar keuangan syariah di tanah air,” papar Sri saat peluncuran ST-001 di Gedung Djuanda, Kemenkeu, kemarin (19/8).

Sri menguraikan, pasar keuangan syariah di Indonesia belakangan ini terus berkembang. Penerbitan sukuk dari tahun ke tahun juga semakin baik. Dia memaparkan, selama delapan tahun terakhir pemerintah telah menerbitkan sukuk dengan total nilai Rp 538,9 triliun.

Pihaknya pun berharap, dengan seri ST-001 itu, basis investor di Indonesia bisa meluas.

”Sejak dulu saya jadi Menkeu, saya ingin masyarakat secara umum memiliki kesempatan dan peran untuk membiayai defisit-defisit ini. Karena itu, saya menyambut gembira dengan saat ini kita menciptakan instrumen baru ST-001. Ini seri 001, maka akan ada ST-002 dan seterusnya,” ujarnya.

Dirjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kemenkeu Robert Pakpahan menambahkan, sukuk tabungan seri pertama tersebut memiliki sejumlah keuntungan.

JAKARTA – Masyarakat kini punya pilihan lain untuk berinvestasi dengan dana yang ramah bagi kantong. Sebab, pemerintah telah meluncurkan sukuk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News