Polri Tembak Mati Bandar Kelas Kakap Asal Malaysia

Polri Tembak Mati Bandar Kelas Kakap Asal Malaysia
Ilustrasi. Foto: AFP

jpnn.com - JAKARTA - Bandar narkoba asal Malaysia Lew Keng Wah merupakan pemasok sabu-sabu ke beberapa wilayah di Indonesia. Lew dicap sebagai bandar kelas kakap.

Dia punya koneksi dari sindikat narkoba di Aceh hingga memiliki jaringan kuat di beberapa lembaga pemasyarakatan (LP).

"Tersangka merupakan target utama yang berperan sebagai pengendali narkoba dari Malaysia ke Indonesia," kata Kadiv Humas Polri Irjen Boy Rafli, Sabtu (20/8).

Boy menjelaskan, dalam mengedarkan barang haramnya, Lew ditengarai kerap berkomunikasi dengan jaringan narkoba Aceh.‎ "Kelompok Pak Ci (Aceh) yang berada di LP Karawang, Jawa Barat," imbuh mantan Kapolda Banten ini.

Namun, berdasarkan analisis penyidik, Lew juga disinyalir melakukan transaksi narkoba dengan jaringan lapas lainnya.‎ "Diduga dengan beberapa jaringan yang berada di LP Salemba, LP Bulak Kapal, dan LP Gunung Sindur," terang Boy.

Namun nahas, Lew tidak kooperatif sehingga polisi menembaknya tepat di dada, saat petugas memintanya diantarkan ke lokasi komplotannya di Bekasi. Lew tewas, sebelum sampai di Rumah Sakit Polri, Kramatjati, Jakarta Timur, Sabtu, sekitar pukul 03.00 WIB.

Selain Lew, polisi juga menangkap seorang bandar yang jadi pembeli barang haram milik Lew, yakni Sardiyanto alias Yangke. Pria berkewarganegaraan Indonesia ini akan diproses lebih lanjut. (Mg4/jpnn)


JAKARTA - Bandar narkoba asal Malaysia Lew Keng Wah merupakan pemasok sabu-sabu ke beberapa wilayah di Indonesia. Lew dicap sebagai bandar kelas


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News