Menpar Arief: Silakan ke Danau Toba

Menpar Arief: Silakan ke Danau Toba
Danau Toba di Sumatera Utara. Foto: Sumut Pos

jpnn.com - PARAPAT – Panggung apung pertama kali di Indonesia bakal menjadi tempat show group Slank dalam menyemarakkan puncak peringatan HUT RI ke-71 di Pantai Bebas, Parapat, Simalungun, Sabtu (20/8). Bagian dari Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba (KKPDT) 2016 itu  akan dikunjungi oleh Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

Menteri Pariwisata Arief Yahya bahkan menjanjikan KKPDT 2016 bakal meriah. “Silakan masyarakat hadir di Parapat, silakan ke Danau Toba,” ajak Arief.

Ada tiga aktivitas besar yang dirancang selama dua hari, 20-21 Agustus 2016 di KKPDT 2016 ini. Mulai dari konser dengan panggung apung 12x24 meter berjarak 10 meter dari bibir pantai di Pantai Bebas, Parapat, lalu Karnaval Budaya 3,5 kilometer di Balige, Toba Samosir, serta Pesta Rakyat di Danau Toba.

“Salah satu pesta rakyat yang bakal ramai adalah bazaar kuliner dengan Food Truck Festival. Banyak kuliner khas Batak dan Sumut yang akan ditampilkan,” kata Arief Yahya.

Ada bazar makanan lokal dan juga nasional yang akan diikuti masyarakat. Ada pula informasi makanan Indonesia – Milestone yang isinya beragam masakan khas Indonesia lengkap dengan foto dan resep cara membuatnya.

Acara juga disemarakkan dengan demo masak bersama master chef yang disiarkan secara langsung ke 12 kota besar di Indonesia. Ini merupakan bagian dari Food Truck Festival ini.

Asisten Deputi Pengembangan Pasar Personal Kemenpar, Raseno Arya mengatakan, modal alam Danau Toba juga menakjubkan. ”Danau Toba dalam sejarah keberadaannya ikut mengubah peta dunia,” terangnya.

Faktanya, Danau Toba memang memiliki akar sejarah yang sangat kuat. Tempat wisata yang satu itu diawali dari ledakan yang maha-dahsyat Gunung Toba sekitar 75 ribu tahun silam, dan mengguncang dunia. Letusannya bahkan disebut lebih dahsyat dari ledakan Gunung Krakatau di Lampung dan Gunung Pompeii di Italia.

PARAPAT – Panggung apung pertama kali di Indonesia bakal menjadi tempat show group Slank dalam menyemarakkan puncak peringatan HUT RI ke-71

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News