Penerbangan Garuda ke Silangit Dongkrak Kunjungan ke Danau Toba

Penerbangan Garuda ke Silangit Dongkrak Kunjungan ke Danau Toba
Salah satu pesawat Garuda Indonesia saat mendarat di Bandara Silangit, Tapanuli Utara. Foto: Sumut Pos/JPNN

jpnn.com - BALIGE - Menteri Pariwisata Arief Yahya terus menyuarakan tentang konsep 3A dalam pariwisata, termasuk dalam mengembangkan Danau Toba di Sumatera Utara. Konsep 3A itu adalah atraksi, akses dan amenitas.

Menurutnya, akses yang mendukung akan mempercepat pengembangan danau kaldera terbesar di dunia itu. “Danau Toba akan cepat berkembang jika aksesnya dikebut!" ungkap Arief di Balige.

Arief lantas berterima kasih kepada Kementeruan Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang sudah melebarkan sekaligus menghaluskan jalur dari Bandara Silangit - Balige - Parapat. Sesuai janji, bulan Agustus 2016 saat Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba 2016, sudah beres. "Terima kasih Pak Bas (Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono, red)," kata Arief.  

Mantan direktur utama PT Telkom itu juga mengucapkan terima kasih kepada Garuda Indonesia. Sebab, penerbangan langsung maskapai kebanggan nasional itu ke Bandara Silangit ikut berkontribusi pada tingkat pengunjung Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba (KKPDT) 2016 yang berlangsung 20-21 Agustus ini.

Apalagi, Garuda sudah menunjukkan dukungannya terhadap pengembangan Bandara Silangit dengan membuka rute penerbangan Medan-Silangit-Medan setiap hari. Vice President PT Garuda Indonesia Region Sumatera Syamsudin JS mengatakan, mulai tanggal 18 Agustus 2016 lalu maskapai BUMN itu membuka rute penerbangan Medan-Silangit-Medan.

Sebelumnya, Garuda bahkan sudah membuka rute Jakarta-Silangit-Jakarta, “Garuda Indonesia sebagai BUMN sangat mendukung keberadaan Bandara Silangit untuk dikembangkan. Apalagi, sudah diprogramkan Presiden RI bahwa Danau Toba merupakan salah satu dari sepuluh tujuan prioritas wisata di Indoensia,” katanya, Kamis (18/8) di Bandara Silangit pada acara penerbangan perdana Garuda Indonesia rute Medan-Silangit-Medan.

Kedatangan Syamsudin JS disambut Sekretaris Daerah Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) Edward Tampubolon SE, Ketua DPRD Taput Ottoniyer MP Simanjuntak, Asisten II Osmar Silalahi SE dan para kepala dinas. Pada kesempatan itu, Syamsudin menerima penyematan ulos Batak sebagai pertanda ucapan terima kasih masyarakat Bonapasogit Tapanuli atas dibukanya penerbangan Garuda Indonesia  dengan rute Medan-Silangit-Medan setiap hari.

Menurut Syamsudin, penerbangan Garuda Indonesia ke Silangit telah memangkas jarak tempuh warga yang hendak berkunjung ke Tapanuli. Hal itu sejalan dengan pengembangan Danau Toba.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News