Prosedur Pemberangkatan Calon Jamaah Haji via Filipina, Ongkos Ratusan Juta

Prosedur Pemberangkatan Calon Jamaah Haji via Filipina, Ongkos Ratusan Juta
Calon jamaah haji embarkasi Jakarta di Asrama Haji Pondek Gede. Foto: Miftah/dok.JPNN.com

jpnn.com - MAKASSAR -  Sebuah biro perjalanan haji di Makssar, inisial ST, ikut memberangkatkan calon jemaah haji Idonesia via Filipina.

Travel ST yang beralamat di Jalan Perintis Kemerdekaan, kilometer 12 Makassar itu memberangkatkan 24 jemaah.

Ini berdasarkan penuturan anak D, salah seorang jemaah yang saat ini berada di Filipina. Dia mengaku pada Februari lalu, dia mengantar ibunya mendaftar umrah di Travel ST, Makassar.

Dalam proses pembicaraan untuk memenuhi syarat umrah, tiba-tiba petugas travel menawarkan mendaftar haji melalui jalur Filipina.

Tawaran yang menggiurkan. Cukup membayar uang muka Rp 20 juta. Form pendaftaran haji berbahasa Tagalog pun diisi. Tidak perlu menunggu lama. Berselang dua bulan, tepatnya April sudah ada panggilan untuk pelunasan biaya haji.

Tidak dibayar uang muka dianggap hangus. Sisa biaya haji pun akhirnya dibayar lunas. Total dana yang dikeluarkan, kata dia, Rp 120 juta. Jemaah lainnya ada yang membayar hingga Rp 150 juta.

"Setelah pembayaran selesai, kami diminta menunggu lagi untuk pembuatan dokumen," katanya. Lagi-lagi, tidak perlu menunggu waktu lama. 10 hari sebelum Ramadan, panggilan pembuatan dokumen sudah ada.

Seluruh calon jemaah haji kemudian berangkat ke Malaysia. "Di Malaysia ini penghubungnya,  biasa dipanggil Haji Rasyidin," bebernya. Dari Malaysia seluruh calon jemaah haji dari Indonesia berangkat ke Manila, Filipina.

MAKASSAR -  Sebuah biro perjalanan haji di Makssar, inisial ST, ikut memberangkatkan calon jemaah haji Idonesia via Filipina. Travel ST yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News