36 Juara Lomba Pidato Bahasa Indonesia Kunjungi Omah Kecebong

36 Juara Lomba Pidato Bahasa Indonesia Kunjungi Omah Kecebong
Para Juara Belajar Membuat Wayang Suket Saat Mengunjungi Omah Kecebong. Foto: Vox Populi for JPNN

jpnn.com - JOGJAKARTA – Sebanyak 36 juara lomba pidato berbahasa Indonesia bagi penutur asing 2016 dari 18 negara mengunjungi Omah Kecebong, Sabtu (20/8) kemarin.

Mereka adalah juara ajang yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan dan Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri.

Mereka datang ke ikon icon rumah budaya dan wisata hortikultura di Sleman untuk mengenal alam dan budaya setempat serta menikmati makan malam perpisahan. Kegiatan itu dilakukan di sela kunjungan wisata budaya ke Yogyakarta dan sejumlah daerah lainnya di Indonesia sebagai hadiah istimewa dari pemerintah Indonesia.

Direktur Jenderal Kebudayaan, Hilmar Farid menyampaikan, lomba digelar untuk memperluas penggunaan Bahasa Indonesia di kalangan internasional. Acara diselenggarakan di 18 negara akreditasi Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI dan Rumah Budaya Indonesia.

Yaitu Amerika Serikat, Australia, Arab Saudi, Belanda, Filipina, India, Jepang, Jerman, Malaysia, Mesir, Myanmar, Papua Nugini, Perancis, Republik Rakyat Tiongkok, Singapura, Thailand, Timor Leste dan Turki.

“Ini adalah upaya khusus kita dalam merayakan kebanggaan dalam berbahasa Indonesia,” kata Hilmar.

Hilmar mengatakan, lomba yang diselenggarakan pada Juni hingga Juli tersebut, telah menghasilkan masing-masing dua orang pemenang dari 18 negara yang berhasil meraih hadiah berupa paket perjalanan ke Indonesia.

Mereka berpartisipasi dalam acara Apresiasi Pemenang Lomba Pidato Bahasa Indonesia pada 15-21 Agustus 2016 di Jakarta dan Yogyakarta.

JOGJAKARTA – Sebanyak 36 juara lomba pidato berbahasa Indonesia bagi penutur asing 2016 dari 18 negara mengunjungi Omah Kecebong, Sabtu (20/8)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News