4 Tahap ini Harus Dipenuhi Maskapai, Agar Lolos Terbang ke AS

4 Tahap ini Harus Dipenuhi Maskapai, Agar Lolos Terbang ke AS
Ilustrasi. Foto dok JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Kasubdit Operasi Penerbangan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Captain Tri Nusiogo mengatakan, ada beberapa tahapan yang harus dilalui agar maskapai lolos terbang ke Amerika Serikat.

Pertama, maskapai harus mengajukan permintaan ke Direktorat Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Kedua, Ditjen Perhubungan Udara akan menyampaikan keinginan maskapai Indonesia itu kepada otoritas penerbangan AS (FAA), agar maskapai Indonesia mendapat persetujuan sesuai AOC 129 FAA.

Ketiga, maskapai Indonesia harus melengkapi persyaratan terkait AOC 129 dari FAA.

Keempat, FAA akan melakukan asessment terkait pemenuhan persyaratan AOC 129 kepada maskapai. Termasuk di antaranya meminta masukan dari Ditjen Perhubungan Udara.

"Ditjen Perhubungan Udara akan memberi masukan kepada FAA secara jujur dan sebenar-benarnya terkait maskapai tersebut. Sehingga diharapkan FAA akan percaya dan kemudian maskapai tersebut dapat membuka penerbangan dari Indonesia ke AS," ujar Tri.

Jika penerbangan akan menggunakan negara ketiga sebagai tempat transit, lanjut Tri, Pemerintah juga akan membantu untuk mendapatkan five freedom traffic right negara itu.

Hingga saat ini baru maskapai Garuda Indonesia yang mempunyai keinginan untuk membuka penerbangan dari Indonesia ke AS.

JAKARTA - Kasubdit Operasi Penerbangan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Captain Tri Nusiogo mengatakan, ada beberapa tahapan yang harus dilalui

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News