Gawat! 60 Ribu Warga Bogor Belum Punya e-KTP

Gawat! 60 Ribu Warga Bogor Belum Punya e-KTP
Gawat! 60 Ribu Warga Bogor Belum Punya e-KTP

jpnn.com - BOGOR – Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bogor mencatat, dari 750 ribu masyarakat yang wajib KTP, baru sekitar 690 ribu orang yang sudah memiliki e-KTP. Artinya masih ada sekitar 60 ribu warga Kota Bogor yang terancam tidak diakui di negara Indonesia.

Kepala Disdukcapil Kota Bogor Doddy Akhdiyat memaparkan, 30 September nanti pemerintah pusat menyatakan bahwa seluruh warga Indonesia wajib sudah mendaftar e-KTP, atau minimal sudah melakukan perekaman. 

“Jadi untuk warga Kota Bogor mulai tanggal 29 Agustus sampai 30 September kita akan melakukan pelayanan keliling dengan jemput bola, selain pelayanan reguler di setiap kecamatan dan Mall BTM, tetap berjalan biasa. Kita lansung mendatangi kelurahan dan ke lokasi yang memang cakupan perekamannya masih rendah,” urainya pada Radar Bogor kemarin.

Doddy mengungkapkan, untuk Kota Bogor, wilayah yang memiliki cakupan rendah soal perekamanm e-KTP adalah wilayah Kecamatan Bogor Selatan, seperti di Kelurahan Kertamaya dan Rancamaya. Sistem jemput bola tersebut diakuinya akan tersebar di seluruh kelurahan.

“Sistemasinya perjadwal, dan pemberitahuan ke setiap kelurahan yang akan didatangi oleh petugas Disdukcapil. Mudah - mudahan mencakup semua yang belum, dan kita harapkan ada bantuan dari wilayah seperti kecamatan, kelurahan, RT dan RW,” sambungnya.

Untuk blanko, Doddy mengakui ketersediannya memang masih terbatas. Namun, Disdukcapil Kota Bogor menekankan hanya mengejar kepada perekaman terlebih dahulu. Sampai saat ini pun, masih ada sekitar 9900 warga yang belum diberikan fisik e-KTP namun sudah melakukan perekaman.

“Tapi itu sudah siap cetak. Yang kita kejar saat ini memang perekaman terlebih dahulu, yang penting sampai 30 September semua harus terekam dulu. Untuk pendatang yang pindah ke kota bogor juga ada 20 orang rata-rata, mereka harus sudah direkam lansung,” lanjutnya memaparkan.

Namun, stok blanko e-KTP untuk wilayah Kota Bogor masih belum tergolong aman. Informasi tambahan, jumlah penduduk Kota Bogor sendiri sekarang sudah mencapai 986.630 jiwa.

BOGOR – Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bogor mencatat, dari 750 ribu masyarakat yang wajib KTP, baru sekitar 690 ribu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News