Selamatkan PARFI, Artis Senior dan Junior Siap Gelar Kongres di Jakarta

Selamatkan PARFI, Artis Senior dan Junior Siap Gelar Kongres di Jakarta
Sejumlah artis senior dan junior menggelar Reuni Kemerdekaan Artis Film Indonesia di Restoran Nelayan, Senayan, Jakarta, akhir pekan lalu. Foto: source for JPNN.com

jpnn.com - PERSATUAN Artis Film Indonesia (PARFI) dianggap sedang keluar dari jalurnya. Penilaian tersebut bahkan muncul dari kalangan artis layar lebar itu sendiri.

Puluhan artis senior di antaranya Ray Sahetapy, Mark Sungkar, Robby Sugara, Erna Santoso, Mieke Wijaya, Rima Melati, Tetty Liz, Rinna Hassim, Debbie Cynthia Dewi, Ade Irawan, Ida Leman, Dorman Borisman dan Lela Anggraeni, merasa PARFI tidak lagi menjadi organisasi profesi yang berisikan artis film.

Mereka pun sepakat untuk menyelamatkan PARFI. Mereka ingin mengembalikan organisasi para artis dan insan film ini ke marwahnya, yaitu PARFI 1956. 

“Saya prihatin dan mengimbau semua artis baik senior maupun junior untuk bersatu memperbaiki PARFI kembali ke titahnya, kembali ke aturan-aturan mainnya, kembali ke AD/ART. Kalau PARFI sekarang kan anggotanya sulit dipertanggungjawabkan, mana sekarang artis-artis filmnya,” tandas aktris lawas Debbie Cynthia Dewi di acara yang dikemas dalam bentuk Reuni Kemerdekaan Artis Film Indonesia di Restoran Nelayan, Senayan, Jakarta, akhir pekan lalu.

Para artis senior yang hadir sepakat untuk menggelar kongres di Jakarta. Aktor senior, Ray Sahetapy dalam sambutannya meminta para insan film untuk tegas memperjuangkan PARFI. “Bongkar semua kebusukan, agar kita menemukan yang terbaik di situ. Kita harus buka. Jika tak suka dengan ketua (PARFI) yang akan datang, kita bisa bikin organisasi baru,” katanya.

Aktor kawakan Mark Sungkar juga menilai, perubahan PARFI ada di tangan artis film Indonesia. “Tak perlu kantong tebal, tapi niat yang tebal. Perubahan ada di tangan kita. Bukan untuk mencari perpecahan karena yang kita selamatkan adalah lembaganya, bukan pribadi,” tegasnya.

Sementara itu, aktris senior Erna Santoso melihat PARFI sekarang sudah terpuruk. “PARFI akan tambah terpuruk jika tidak bisa merdeka lagi, tak akan dihargai di mata pemerintah atau nasional. Saya dukung kongres (Jakarta), tapi kalau mau rebut ya rebut secara legal, sesuai undang-undang,” jelasnya.

Agar PARFI tak berantakan, lanjut Erna, semua harus kompak dan punya perencanaan yang matang. Selain aktor dan aktris senior, tampak hadir wajah-wajah muda di dunia perfilman nasional, di antaranya Ki Kusumo, Marcella Zalianty, Ardina Rasty dan Adam Jordan.

PERSATUAN Artis Film Indonesia (PARFI) dianggap sedang keluar dari jalurnya. Penilaian tersebut bahkan muncul dari kalangan artis layar lebar itu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News