Tepis Anggapan Impor Garam Bunuh Petani Lokal

Tepis Anggapan Impor Garam Bunuh Petani Lokal
Ilustrasi. Foto: dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Kebijakan impor selalu dipandang dengan persepsi negatif oleh masyarakat. Tidak terkecuali impor garam industri yang beberapa waktu lalu dibuka kerannya oleh pemerintah melalu Kementerian Perdagangan.

Terkait pandangan miring masyarakat itu, Ketua Asosiasi Industri Pengguna Garam Impor (AIPGI) Tony Tanduk mengatakan, impor garam dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas produk industri. "Alasan garam diimpor, yang pertama itu kualitas, kemudian harga, kontinuitas mutu dan kontinuitas suplai," ucap Tony saat dikonfirmasi, Senin (22/8).

Menurut Tony, garam impor yang baru-baru ini masuk lewat Cirebon menyokong industri aneka pangan. Industri ini memiliki nilai ekspor mencapai USD 5,2 miliar dan menyerap lebih dari 1 juta tenaga kerja.

Karena itu, lanjutnya, anggapan bahwa impor garam hanya menguntungkan pengusaha dan asing tidak benar. Apalagi tudingan bahwa impor tersebut mematikan petani garam lokal.

"Saya selalu sampaikan tentang garam petani perlu ada akurasi data. Berapa banyak, ada dimana dan mutu bagaimana? agar datanya akurat. AIPGI selalu berupaya mengoptimalkan kemitraan antara petani dan industri pengguna garam," pungkas Tony.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan bahwa garam impor yang masuk di Pelabuhan Cirebon untuk kebutuhan industri. Karena itu, dipastikan tidak ada keterkaitan dengan garam produksi lokal yang tidak dipakai oleh industri. Enggar juga menyebutkan bahwa izin impor tersebut sudah keluar sebelum dan sebelum ia menjabat. (dil/jpnn)


JAKARTA - Kebijakan impor selalu dipandang dengan persepsi negatif oleh masyarakat. Tidak terkecuali impor garam industri yang beberapa waktu lalu


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News