Bangun Dermaga Baru, Pelindo IV Investasikan Rp 50 Miliar

Bangun Dermaga Baru, Pelindo IV Investasikan Rp 50 Miliar
Ilustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com - TANJUNG REDEB - PT Pelindo IV yang kini mengelola Pelabuhan Tanjung Redeb akan membuka dermaga dan lapangan penumpukan peti kemas di Kampung Gurimbang, Kecamatan Sambaliung.

Ini untuk memperlancar arus pengiriman barang menggunakan peti kemas dari maupun menuju Kabupaten Berau melalui jalur laut.

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mengelola pelabuhan di wilayah timur Indonesia ini akan menginvestasikan anggaran kurang lebih Rp 50 miliar. Pengerjaan akan dimulai tahun ini.

Hal itu disampaikan langsung Direkrut Utama PT Pelindo IV, Doso Agung, di sela-sela penandatanganan kerja sama pengelolaan Pelabuhan Tanjung Redeb dengan Bupati Berau Muharram di Makkasar.

Menurut Doso Agung, pembangunan lokasi penumpukan peti kemas di Gurimbang ini sudah melalui studi kelayakan. Tahun ini pekerjaan yang dilakukan sudah mulai berjalan.

Saat ini dikatakannya sudah dalam tahap pengerasan lahan. PT Pelindo IV akan menginvestasikan anggaran kurang lebih Rp 50 miliar yang dialokasikan secara bertahap. “Ini sudah mulai berjalan. Tahun ini tahap pengerasan lahan,” ucapnya.

Pembangunan dermaga di Gurimbang dikatakannya untuk memenuhi tingkat arus pengiriman barang dari dan ke Kota Tanjung Redeb. Dengan adanya dermaga dan lapangan penumpukan peti kemas, kapal kontainer akan dengan cepat masuk ke Bumi Batiwakkal.

Sekarang ini banyak kapal yang telah siap masuk. Namun masih terkendala dengan daya tampung pelabuhan yang ada saat ini. Sehingga pihaknya mempercepat pembangunan penumpukan peti kemas di Gurimbang. “Kan kalau ada dermaga dan lapangan penumpukannya, kapal pasti akan masuk,” ungkapnya.

TANJUNG REDEB - PT Pelindo IV yang kini mengelola Pelabuhan Tanjung Redeb akan membuka dermaga dan lapangan penumpukan peti kemas di Kampung Gurimbang,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News