Lapor Pak Jokowi! Kapal Tol Laut Rusak

Lapor Pak Jokowi! Kapal Tol Laut Rusak
Kapal tol laut KM Caraka Jaya Niaga III mengalami kerusakan pada mesin di perairan Ternate. FOTO: Malut Post/JPNN.com

jpnn.com - TERNATE - Setelah tiba di Ternate beberapa waktu lalu, kapal tol laut KM Caraka Jaya Niaga III mengalami kerusakan pada mesinnya. Padahal kapal ini baru tiga kali melayani rute operasinya.

Pantauan Malut Post (JPNN Group) kemarin, kapal ini berlabuh di perairan sekitar kawasan Jatiland Mall Ternate. Karena itu kapal yang baru tiba dari Tobelo Halmahera Utara, tak bisa melanjutkan pelayarannya ke Babang Pulau Bacan, Halmahera Selatan.

Kepala Pelni Cabang Ternate, Ahmad Shadikin saat dimintai keterangan mengatakan, pihaknya masih melakukan perbaikan terhadap mesin kapal yang bermasalah.

"Saat ini masih menunggu spare part mesin untuk dipasang. Kami sudah mencari alat tersebut di Ternate tetapi tidak dijual, sehingga kami harus menunggu alatnya dari luar," ujarnya.

Dia menuturkan, kapal tol laut sebenarnya tidak rusak hanya saja salah satu komponen kecil dari mesinnya yang bermasalah sehingga perlu diganti.

"Kapal KM Caraka Jaya Niaga III sebenarnya mau berangkat tetapi nahkodanya tidak mengizinkan karena salah satu komponen mesinnya perlu diganti. Daripada berangkat dan mesinnya rusak di tengah perjalanan, akhirnya nakhoda memutuskan agar kapal tol laut berlabuh dulu di Ternate," tandasnya.

Dia memperkirakan perbaikan mesin kapal akan segera tuntas jika alatnya sudah didatangkan dari luar. Sekadar diketahui kapal ini mempunyai panjang sekitar 98 meter dengan kapasitas 100 kontainer, bobotnya 3.257 GT.(JPG/tr-03/onk/jpnn)


TERNATE - Setelah tiba di Ternate beberapa waktu lalu, kapal tol laut KM Caraka Jaya Niaga III mengalami kerusakan pada mesinnya. Padahal kapal ini


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News