Menpar Arief Yahya Lunasi Janji 'Ledakkan' Danau Toba dengan Konser Kemerdekaan

Menpar Arief Yahya Lunasi Janji 'Ledakkan' Danau Toba dengan Konser Kemerdekaan
Menteri Pariwisata Arief Yahya. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - BALIGE - Menteri Pariwisata RI Arief Yahya akhirnya membayar lunas janjinya untuk ‘meledakkan’ Danau Toba dengan Konser Kemerdekaan Pesona Danau Toba 2016. Sabtu (20/8) malam, panggung apung di atas Danau Toba di Pantai Bebas, Parapat di Kabupaten Simalungun sukses menghipnotis lebih dari 10.000 penonton yang penuh sesak dari sore.

Presiden Joko Widodo yang hobi nge-rock juga ikut menikmati performance Slank dan kawan-kawan di atas panggung apung. Konser yang disupport Pesona Indonesia Kementerian Pariwisata itu tak hanya sukses dan aman dari sisi penyelenggaraan, tapi juga heboh dan menyedot perhatian publik.

Konser itu merupakan bagian dari puncak perayaan HUT RI yang digelar di kawasan Danau Toba. Presiden Jokowi bahkan ikut merasakannya.

Sebuah kehormatan yang luar biasa, terutama bagi 7 Kabupaten yang menjadi tuan rumah Danau Toba. Ada tiga hal istimewa dalam konser kemerdekaan yang berakhir dengan pesta kembang api di bibir pantai itu.

Pertama, panggung apung seluas 12 x 24 meter yang benar-benar mengapung 10 meter dari garis pantai di atas danau. Panggung itu senantiasa bergoyang sepanjang acara karena harus menahan beban 6 ton dari stage riging, sound system dan band equipment di atasnya.

Panggung apung dengan dua replika patung batu di kiri-kanan itu berdiri di atas semacam jeriken yang dikosongkan. Kekuatan panggung apung itu bisa sampai 60 ton, sehingga biasa dipakai untuk mendaratkan tank ampibi.

“Panggung itu pertama kali dibuat di Indonesia, dan bisa ditarik ke mana saja di Danau Toba untuk show berpindah-pindah,” kata Arief Yahya Menteri Pariwisata di Balige, Tobasa.

Kedua, konser kemerdekaan kali ini istimewa dengan tampilnya artis papan atas ibu kota yang hadir di Danau Toba. Dari Slank yang punya konstituen besar di mana-mana termasuk di kawasan Danau Toba, lalu Sammy Simorangkir, Oppie Andaresta, Dewa Bujana dan lainnya. Tidak mengherankan, jika dari tepian danau sampai ke taman rumput dan di tepi Jalan Raya Sisingamangaraja itu penuh dengan lautan manusia.

BALIGE - Menteri Pariwisata RI Arief Yahya akhirnya membayar lunas janjinya untuk ‘meledakkan’ Danau Toba dengan Konser Kemerdekaan Pesona

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News