Enak Banget Ya Jadi PNS, Fasilitasnya Banyak Bener

Enak Banget Ya Jadi PNS, Fasilitasnya Banyak Bener
Ilustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com - JAKARTA- Tingkat kesejahteraan PNS dari tahun ke tahun makin meningkat. Tidak hanya mendapatkan tunjangan kinerja, gaji ke-13, dan THR, PNS pun diguyur banyak fasilitas saat terjadi kecelakaan sampai kematian.

Dalam peraturan pemerintah (PP) No 70 Tahun 2015 disebutkan, pemerintah memberikan jaminan kecelakaan kerja (JKK) dan jaminan kematian (JKM) bagi aparatur sipil negara (ASN).‎

Menurut Direktur Kompensasi ASN Badan Kepegawaian Negara (BKN) Wakiran, JKK dan JKM muncul sebagai wujud tanggung jawab negara kepada ASN.

Perbedaan JKK dan JKM dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) adalah ASN‎ tidak dipungut biaya. "Dalam JKK dan JKM ini tidak ada pengurangan komponen gaji pokok," ujarnya, Selasa (23/8).

Premi ASN yang bekerja di instansi pusat, lanjutnya, dibebankan ke APBD. Menurut Wakiran, manfaat JKK antara lain memberikan fasilitas pemeriksaan dasar dan penunjang, perawatan tingkat pertama dan lanjutan, rawat inap dan transfusi daerah bagi ASN yang mengalami kecelakaan kerja.

Selain itu, perawatan bagi ASN diberikan rumah sakit pemerintah dan swasta yang sudah bekerja sama dengan program JKK.

"Seluruh ASN akan diberikan fasilitas ruang rawat inap kelas satu. Berlaku bagi semua golongan. Sedangkan manfaat dari JKM antara lain santunan, uang duka wafat sebesar tiga kali gaji terakhir, biaya pemakaman, dan beasiswa," tandasnya. (esy/jpnn)


JAKARTA- Tingkat kesejahteraan PNS dari tahun ke tahun makin meningkat. Tidak hanya mendapatkan tunjangan kinerja, gaji ke-13, dan THR, PNS pun diguyur


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News