Mantap, Sektor Perikanan Melonjak Hingga Rp 279 Miliar

Mantap, Sektor Perikanan Melonjak Hingga Rp 279 Miliar
Menteri KKP Susi Pudjiastuti. Foto dok JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) membukukan kelonjakan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) di sektor perikanan. Di mana pada Agustus tahun ini mencapai Rp 279 miliar.

"Tahun ini PNBP kenaikan luar biasa. PNBP melonjak sampai Rp 279 miliar. Jadi tidak benar kalau kelautan tidak menyumbang pendapatan negara," ujar Susi kemarin.

Selain peningkatan PNBP,  sambung Susi, realisasi investasi di sektor kelautan dan perikanan ikut meningkat. Hingga Juni 2016, nilai realisasi investasi mencapai Rp 4,4 triliun.

"Realisasi investasi sektor KP sampai dengan Juni 2016 nilainya Rp 4.435.373 juta. Ini hanya untuk pengolahan saja," papar Susi.

Susi menjelaskan, kenaikan PNBP yang signifikan, merupakan dampak dari moratorium kapal-kapal asing dan kebijakan KKP lainnya.

Dari penghematan bahan bakar minyak (BBM) saja, kata Susi, KKP menghemat sebanyak 1.2 juta kiloliter.

"Yang dihemat adalah BBM 1.2 juta kiloliter. Menteri ESDM juga kemarin bicara bahwa ada kelebihan pembelian Pertamina mencapai Rp 20 triliun lebih. Itu berasal dari kapal-kapal illegal yang tidak pakai BBM Nasional," terang Susi. (chi/jpnn)

 


JAKARTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) membukukan kelonjakan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) di sektor perikanan. Di mana pada Agustus


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News