Bakal Diserbu Buyer, PATA Travel Mart 2016 Targetkan Transaksi Rp 1,1 T

Bakal Diserbu Buyer, PATA Travel Mart 2016 Targetkan Transaksi Rp 1,1 T
Ilustrasi. Foto: source for Kemenpar

jpnn.com - JAKARTA - Bursa pariwisata berskala international bertajuk PATA Travel Mart (PTM) 2016, tak lama lagi akan menghebohkan Indonesia. PTM 2016 yang digulirkan di ICE BSD, Tangerang Banten, 7-9 September 2016 nanti memang merupakan pameran yang sudah ditunggu-tunggu banyak buyers kelas kakap. 

"Buyers yang sudah menyatakan hadir berdasarkan asal negara adalah USA, Canada, Argentina, Brazil 10 persen, Negara-negara Eropa 25 persen,  Timur Tengah 3 persen, Rusia dan Kazakhstan 8 persen, ASEAN 22 persen, dan yang paling besar Asia Pasifik 32 persen,” ujar Project Manager PTM 2016, Ika Nazarudin.

Mengapa Asia Pasifik terbesar? Di dalamnya ada Tiongkok, Negeri Tembok Raksasa yang punya outbound travelers terbesar di dunia. Tahun 2015 saja sudah tercatat 120 juta orang China bepergian ke luar negeri.  Selain itu ada Hongkong, Macau, Taiwan, Korea Selatan, Jepang, yang semua menyimpan punya pasar yang besar. 

“PATA Travel Mart ini termasuk yang terbesar kelima di dunia, jadi pelaku bisnis Pariwisata bakal berkumpul di Tangerang,” jelas Arief Yahya, Menteri Pariwisata RI, di Jakarta. 

Arief mengingatkan kepada para sellers, industry pariwisata di tanah air untuk mengoptimalkan momentum langka ini. Buatlah paket yang bagus-bagus, yang bisa menghadirkan lebih banyak turis ke dalam negeri. Pertemuan antara buyers dan sellers ini sudah masuk ke level bisnis, antara sesama industry. Kemenpar hanya memfasilitasi agar kegiatan besar yang tahun lalu diadakan di Bangelore India itu lebih sukses baik dari sisi pelaksanaan maupun dari transaksi.

Ika Nazarudin menambahkan, pameran berskala international ini kelihatan berkualitas dari skala, reputasi, pengaruh dalam industri PTM 2016. ”Indonesia sangat bangga akan menjadi tuan rumah, juga nantinya akan berdiri Paviliun Indonesia di ICE BSD Exhibition Hall 5 dan 6 dengan total 450 sqm, ini Paviliun yang besar dan akan banyak menampung industri serta Dinas Pariwisata di tanah air,“ jelas Ika di hadapan puluhan media.

Paviliun Indonesia akan diisi  dengan alokasi branding Wonderful Indonesia, Disparda dari 33 Propinsi,  Sustainable Tourism, SMEs in Travel Industry  dan juga akan ada Lounge untuk para pengunjung. Untuk targetnya? Tidak tanggung-tanggung, PTM 2016 juga nilai transaksinya pun ditargetkan mencapai Rp 1,1 triliun.

”Dengan asumsi PTM 2016 diikuti oleh 50 Seller (Perusahaan) dari Indonesia, diperkirakan potensi transaksi adalah USD 82,5 juta atau setara dengan Rp. 1,1 Trilyun,” ujar Deputi Pengembangan Pariwisata Mancanegara I Gde Pitana.

JAKARTA - Bursa pariwisata berskala international bertajuk PATA Travel Mart (PTM) 2016, tak lama lagi akan menghebohkan Indonesia. PTM 2016 yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News