Pertamina Siap Jadi Operator Tunggal Blok Mahakam

Pertamina Siap Jadi Operator Tunggal Blok Mahakam
Ilustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com - JAKARTA – Berbagai hambatan dalam proses alih kelola Blok Mahakam akan segera diselesaikan. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berencana merampungkannya dalam dua pekan ke depan.

Salah satu poin penting yang akan segera diselesaikan adalah keberadaan payung hukum atas rencana PT Pertamina (Persero) untuk bisa masuk lebih awal di Blok Mahakam untuk berinvestasi.

Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto menjelaskan, hasil rapat koordinasi dengan Pelaksana Tugas Menteri ESDM Luhut Binsar Pandjaitan menyebutkan, harus ada Surat Keputusan (SK) yang dikeluarkan oleh Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) sebagai kunci bagi Pertamina untuk berinvestasi lebih awal.

Dwi menyebutkan, Pertamina berencana untuk mulai berinvestasi pada kuartal kedua 2017 dengan mengelola 19 sumur produksi dan sumur pengembangan yang pengerjaannya tetap dilakukan oleh operator saat ini yakni Total E&P Indonesie.

Artinya, meski Pertamina sudah mulai berinvestasi di Blok Mahakam, namun pengerjaan kegiatan produksi tetap dilakukan oleh Total.

"Tujuannya supaya tidak ada penurunan produksi. Padahal kami belum alih kelola namun sudha harus berinvestasi. Yang garap tetap Total. Tentu perlu ada payung hukum dan diharapkan segera selesai," jelas Dwi dalam rilis, kemarin.

Rencananya, Pertamina akan menyiapkan dana USD 1,5 miliar untuk berinvestasi di Blok Mahakam tahun depan. Angka ini akan dibagi bersama siapa pun kontraktor yang terlibat di Blok Mahakam nantinya.

Hanya saja, hingga kini pihak Total belum menyatakan kesiapannya untuk terlibat di Blok Mahakam. Dwi menegaskan bahwa Pertamina siap apabila memang harus mengelola Blok Mahakam sebagai operator tunggal.

JAKARTA – Berbagai hambatan dalam proses alih kelola Blok Mahakam akan segera diselesaikan. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News