Ahli Pidana di Sidang Jessica Sebut Pembunuhan Berencana Itu...

Ahli Pidana di Sidang Jessica Sebut Pembunuhan Berencana Itu...
Jessica Kumala Wongso dan Otto Hasibuan. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Ahli hukum pidana, ‎Edward Omar Sharif Hiariej menjadi s‎aksi kedua dalam sidang perkara kematian Wayan Mirna Salihin di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kamis (25/8).

Edward menerangkan tentang Pasal 340 KUHP tentang Pembunuhan Berencana yang menjerat terdakwa Jessica. Menurutnya, pasal pembunuhan berencana ‎tidak membutuhkan motif atau asal usul penyebabnya.

Sebab, sambung dia, ada teori hukum pidana yang menjelaskan jika Pasal 340 KUHP tidak perlu mencari asal usul motif terjadinya perkara tersebut. "‎Ada teori yang menjelaskan, yaitu teori Dolus Premeditatus," kata Edward di depan Majelis Hakim.

Dalam teori tersebut, Edward menilai, ada tiga hal yang menguatkan jika pelaku pembunuhan berencana tidak memerlukan motif terjadinya perkara. 

"Pertama, ‎pelaku ketika memutuskan kehendak untuk melakukan dalam keadaan tenang‎. Kedua, ada tenggang waktu yang cukup antara memutuskan kehendak dengan kejadian," ulas Edward.

"Untuk yang ketiga, ‎pelaksanaan kehendak dilakukan dengan tenang, harus menggunakan pemikiran yang matang," tambah Edward.‎ (mg4/jpnn)


JAKARTA - Ahli hukum pidana, ‎Edward Omar Sharif Hiariej menjadi s‎aksi kedua dalam sidang perkara kematian Wayan Mirna Salihin di Pengadilan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News