Astra Daihatsu Motor Gunakan 300 Robot untuk Garap Mobil

Astra Daihatsu Motor Gunakan 300 Robot untuk Garap Mobil
Astra Daihatsu Motor. Foto: Ist

jpnn.com - KARAWANG - Beroperasinya Karawang Assembly Plant (KAP) di Karawang Timur, Jawa Barat membuat fasilitas perakitan mobil milik Astra Daihatsu Motor (ADM) makin lengkap.

Jawa Pos berkesempatan mengunjungi fasilitas yang berfokus menggarap Daihatsu Ayla, Sigra, dan Toyota Agya serta Calya tersebut, Rabu (24/8). Di fasilitas itu, ADM menggunakan robot-robot dengan teknologi terbaru untuk menghasilkan produk yang presisi.

Sekitar 300 robot digunakan dan dipadukan dengan tenaga manusia untuk menggarap mobil-mobil itu. ’’Ada beberapa bagian yang harus dikerjakan robot supaya produk tidak cacat,’’ ujar Sony Satrya Dwi dari bagian welding saat tur pabrik.

Total kapasitas pabrik ADM di Indonesia sudah bisa memproduksi 530 ribu unit. Sebanyak 200 ribu unit bisa disumbangkan dari pabrik Karawang.

Sisanya berasal dari pabrik Sunter, Jakarta Utara, yang menggarap Terios, Xenia, Gran Max, Luxio, berikut Toyota Avanza, Rush, serta Town Ace dan Town Light untuk ekspor.

Khusus Sigra yang baru lahir, Manajer Public Relations ADM Agus Nardianto menyebut kandungan lokalnya sudah mencapai 94 persen. Produksi mobil tersebut menyerap 600 ribu tenaga kerja.

Tapi, itu dihitung dari 178 pemasok di lapis pertama dan 890 supplier lapis kedua. ’’Tapi, ADM seluruhnya melibatkan 900 ribu orang,’’ katanya.

Itu terdiri atas pemasok komponen di lapis pertama sebanyak 254 perusahaan. Lalu, sebanyak 1.270 perusahaan pemasok lapis kedua. Di dalamnya juga ada 111 UKM yang dilibatkan untuk pembuatan Sigra.

KARAWANG - Beroperasinya Karawang Assembly Plant (KAP) di Karawang Timur, Jawa Barat membuat fasilitas perakitan mobil milik Astra Daihatsu Motor

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News