Jokowi akan Buka PATA TM 2016

Jokowi akan Buka PATA TM 2016
Joko Widodo. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Presiden Joko Widodo semakin serius menempatkan pariwisata sebagai sektor strategis untuk mendulang devisa. Dalam perhelatan PATA Travel Mart (PTM) 2016,  yang akan dilangsungkan 7-9 September nanti, orang nomor satu di pemerintahan Indonesia itu juga bakal menyempatkan hadir. 

Tentu, ini akan menjadikan para pebisnis yang bergerak di sector pariwisata semakin confidence. PATA Travel Mart yang terbesar di Asia Pasifik itu akan melakoni serangkaian aktivitasnya di Indonesia Convention Exhibition (ICE) Tangerang, Banten. 

Beberapa acara besar akan mengawali perhelatan yang akan dihadiri 60 negara dan ribuan buyers dan sellers tersebut. ”Rencananya di pembukaan akan dihadiri Bapak Presiden Joko Widodo dan Menteri Pariwisata Arief Yahya. Kami bangga, karena ini semakin meyakinkan bahwa pariwisata menjadi sektor prioritas bagi pemerintah,” kata Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Asia Pasifik, Vincensus Jemadu di Jakarta.

Selain itu, kata Vincen, para tamu undangan juga akan dihibur oleh berbagai tarian, Angklung Saung Udjo dan persembahan nyanyian dari Elfa Secioria. Semua sedang dalam tahap konfirmasi dan proses koordinasi jelang acara. Malam dinner itu akan dilaksanakan pada pukul 19.00 yang diprakarsai oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Acara akan dimulai pukul 19.00 hingga pukul 21.30 di ICE, Banten.      

Ajang ini sudah dimulai sejak pukul 09.00 WIB pada tanggal 6 September. Untuk teknis pertama, para seller, buyers serta seluruh media international dan nasional akan mengisi data registrasi pada jam 08.00 hingga 17 WIB. ”Untuk keesokan harinya yakni pada tanggal 7 September akan diadakan city tour mulai pukul 7 pagi hingga jam 12 siang, akan ada juga blogger forum. Baru setelah itu malamnya ramah tamah semua peserta dan para awak media yang teregistrasi, bersama dengan Pak Menteri dan Pak Presiden,” ujar pria berdarah Flores itu.

Pada tanggal 8 September 2016 kegiatan mulai berlangsung intens. Vincen mengatakan, berbagai rangkaian akan dilaksanakan dari pameran, pertemuaan seller dan buyers hingga penyerahan penghargaan PATA dan sebagainya dengan level international. Seperti diketahui, ajang pariwisata se-Asia Pasik, PATA Gold Awards 2016 memberikan 4 penghargaan pada Indonesia. Hal ini makin memberikan citra baik 'Wonderful Indonesia' di mata dunia.

Pengumuman PATA Gold Awards 2016 itu dilakukan di Bangkok sudah sejak Kamis, 21 Juli 2016 lalu. PATA sendiri adalah Pacific Asia Travel Association alias asosiasi pariwisata Asia Pasifik yang terbentuk sejak tahun 1951 dan bermarkas di Thailand.

Perhelatan yang didukung langsung oleh Dinas Pariwisata Pemerintah Macau (MGTO) tersebut, dinilai dari 26 organisasi dan individu yang kategorinya terpisah. Event ini adalah salah satu ajang yang punya kredibilitas kuat dan diakui oleh industri pariwisata di dunia.

JAKARTA – Presiden Joko Widodo semakin serius menempatkan pariwisata sebagai sektor strategis untuk mendulang devisa. Dalam perhelatan PATA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News