Siswa dari Surabaya Menangkan Medali di Rusia

Siswa dari Surabaya Menangkan Medali di Rusia
Ilustrasi. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - SURABAYA – Pelajar perwakilan Indonesia berhasil mengukir prestasi di dunia internasional. Dia adalah Sergio Vieri, siswa kelas XII SMA Intan Pelita Hati (IPH) Schools East. Kegemaran Sergio mengutak-atik bahasa programming mengantarkannya pada rentetan prestasi.

Baru-baru ini, Sergio meraih medali perunggu dalam International Olympiad in Informatics (IOI) 2016. Dalam lomba pada 12-19 Agustus di Kazan, Rusia, itu, dia bersaing dengan perwakilan 80 negara.

Sergio menjelaskan, sebenarnya tidak banyak kendala yang ditemui saat mengikuti lomba tersebut. Hanya, ucap dia, IOI 2016 merupakan lomba tingkat internasional pertama yang diikutinya.

 "Tahun-tahun sebelumnya sampai di kejuaraan nasional saja," jelas laki-laki yang nyaman menggunakan software C++ tersebut.

Dari Indonesia, ada empat perwakilan yang dikirim ke IOI 2016. Salah satunya, Sergio. Mereka adalah siswa yang sebelumnya meraih medali emas dalam National Olympiad in Informatics (NOI) di Singapura.

Peserta yang mendapatkan medali emas akan mengikuti seleksi khusus dalam pelatnas. Barulah terpilih empat perwakilan Indonesia untuk IOI 2016.  Seleksi utama berlangsung selama dua hari, masing-masing selama lima jam nonstop.

"Kami diberi waktu lima jam untuk mengerjakan tiga soal terkait dengan bahasa programming," ujarnya.

Lawan paling berat, menurut Sergio, ialah peserta asal Tiongkok dan Rusia. Tahun depan Sergio berencana mengikuti IOI di Teheran, Iran. "Kalau bisa ya dapat medali emas," harapnya. (bri/c20/nda/flo/jpnn)


SURABAYA – Pelajar perwakilan Indonesia berhasil mengukir prestasi di dunia internasional. Dia adalah Sergio Vieri, siswa kelas XII SMA Intan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News