OJK Kelompokkan Layanan Keuangan Kategori Fintech

OJK Kelompokkan Layanan Keuangan Kategori Fintech
OJK. Foto: Jawa Pos

jpnn.com - JAKARTA – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) segera mengelompokkan berbagai kategori layanan keuangan yang termasuk financial technology (fintech). Pelaku industri baru tersebut berharap berbagai kemudahan diberikan saat regulasinya terbit.

CEO dan Founder Go-Jek Indonesia Nadiem Makarim berharap regulasi fintech bisa membuka ruang inovasi.

’’Saya dan pelaku yang lain berharap regulasi itu menyediakan kemudahan jalur-jalur bereksperimen,’’ ujarnya di sela paparan hasil riset Google dan Temasek di Hotel Fairmont Jakarta kemarin (25/8).

Peran fintech di bisnis miliknya diwakili Go-Pay, layanan nontunai untuk fasilitas Go-Jek. Nadiem mengungkapkan bahwa masih banyak hal yang bisa dilakukan dari aplikasi miliknya tersebut dalam rangka pengembangan produk dan layanan. ’’Bereksperimen secara aman tentunya. Jadi, kita (pelaku bisnis, Red) dan regulator bisa belajar bersama,’’ katanya.

Sebab, meski berbasis layanan keuangan, kata dia, praktiknya menggunakan teknologi yang bersifat dinamis. ’’Masa depan dunia teknologi tidak bisa diprediksi. Kita hanya bisa melihat dan mengantisipasi yang ada saat ini,’’ jelas Nadiem.

Kepala Badan Teknologi Start-up Kadin Patrick Walujo menyatakan, teknologi menjadi salah satu kunci utama untuk meningkatkan keuangan inklusif. Sebab, teknologi bakal memperluas akses ke lembaga keuangan.

Perkembangan fintech, menurut dia, membuat lembaga keuangan lebih mudah dijangkau masyarakat karena relatif tidak terkendala infrastruktur. Selain itu, edukasi mengenai produk keuangan lebih menarik dan mudah dipahami.

’’Yang paling penting adalah produk bisa relevan dengan kebutuhan masyarakat. Fintech menyediakan data analitis yang memberikan kekayaan informasi untuk menyusun produk yang tepat ke target yang tepat,’’ papar pria yang juga co-founder dan managing partner Northstar Group tersebut.

JAKARTA – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) segera mengelompokkan berbagai kategori layanan keuangan yang termasuk financial technology (fintech).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News