Ironman 70.3 Bintan Bakal Diramaikan 1.200 Atlet dari 50 Negara

Ironman 70.3 Bintan Bakal Diramaikan 1.200 Atlet dari 50 Negara
Foto/ilustrasi: ironmanbintan.com

jpnn.com - BINTAN - Gong perhelatan Ironman 70.3, Bintan 2016 sebentar lagi bakal ditabuh. Lomba triatlon itu akan digelar pada 27-28 Agustus 2016 di Bintan, Kepulauan Riau.

Kementerian Pariwisata bekerja sama dengan PT Bintan Resort Cakrawala (BRC) dan Even Organaizer (EO) Metasport akan menjadi host event berskala international tersebut. Pemerintah Kabupaten Bintan pun antusias dalam mendukung event itu.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bintan, Luki Zaiman Prawira mengatakan, perhelatan olahraga internasional Ironman 70.3 Bintan dipastikan dilirik oleh banyak atlet dunia. Dari data yang ada di panitia, sudah 1.200 atlet dari 50 negara yang mendaftarkan diri untuk memgikuti ajang bergengsi ini.

“Inilah peluang besar bagi kita untuk mengenalkan Kabupaten Bintan kepada wisatawan mancanegara. Melalui even ini juga, kita akan menggenjot angka kunjungan wisatawan di 2016 ini,” ujar Luki.

Lebih lanjut Luki mengatakan, tidak menutup kemungkinan jumlah atlet yang mendaftar akan bertambah lagi karena sampai saat ini pendaftaran masih terbuka. ”Targetnya, atlet yang ikut ambil bagian pada ajang Triathlon ini bisa mencapai 1500-1800 atlet,” tambahnya.

Luki menambahkan, dengan keindahan alam yang ada plus perhelatan olahraga berskala internasional akan menjadikan Bintan sebagau destinasi wisata kelas dunia. ”Bayangkan, ada 50 negara sudah tersedot perhatiannya ke kabupaten ini,” katanya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menjelaskan, setiap event international itu memiliki dua dampak (impact). Yakni direct impact (dampak langsung) dan indirect impact (dampak tak langsung).

“Direct impact itu jumlah wisman yang masuk sebagai peserta, termasuk supporternya. Jumlahnya tidak sebesar indirect impact-nya. Nah indirect impact ini biasa disebut sebagai media value, karena bakal dirilis di banyak media dari mancanegara. Media value itu juga bisa dihitung,” ulas Arief.

BINTAN - Gong perhelatan Ironman 70.3, Bintan 2016 sebentar lagi bakal ditabuh. Lomba triatlon itu akan digelar pada 27-28 Agustus 2016 di Bintan,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News