Sebelum Ke Motocross MXGP, Wali Kota Ini Lihat Bekas Kamar Bung Karno

Sebelum Ke Motocross MXGP, Wali Kota Ini Lihat Bekas Kamar Bung Karno
Wali Kota Pangkalpinang, Muhammad Irwansyah. FOTO: Radar Bangka/JPNN.com

jpnn.com - PANGKALPINANG - Wali Kota Pangkalpinang, Muhammad Irwansyah bersama para pengagum Bung Karno, mengunjungi tempat pengasingan Presiden RI pertama itu di Pesanggrahan Menumbing, Muntok, Bangka Barat, di Provinsi Bangka Belitung.

Kunjungan ini dilakukan menjelang ajang motocross paling bergengsi di dunia, MXGP tahun 2017. "Pangkalpinang memang sudah didaulat untuk menjadi tuan rumah MXGP tahun 2017 hingga 2019 mendatang," kata Irwansyah, dalam rilisnya, Sabtu (27/8).

Event bergengsi dunia tersebut, ujarnya, akan dioptimalisasi sebagai ajang promosi pariwisata Indonesia, khususnya Bangka Belitung.

"Ada banyak alternatif wisata bagi pengunjung yang nonton MXGP nanti, salah satunya Pesanggrahan Menumbing ini," kata Wali Kota termuda di Indonesia itu.

Dia jelaskan, lokasi pengasingan Bung Karno cukup terpencil yakni di ketinggian 445 meter di atas permukaan laut dan tak ada kehidupan di sekitarnya.

Suasana terasa begitu sunyi saat memasuki gerbang kawasan Bukit Menumbing. "Tidak ada kendaraan lain yang melintas, karena jalanan sempit dan hanya muat untuk satu mobil. Di kanan kiri jalan sepanjang empat kilometer itu hanya terlihat hutan yang hijau lebat," ungkapnya.

Di Pesanggrahan yang berbentuk benteng itu, Irwansyah dan rombongan disambut oleh Wakil Bupati Bangka Barat Markus, Kadis Perhubungan, Pariwisata, Kebudayaan dan Informatika Bangka Barat Rozali. Suasana terasa begitu sejuk di kawasan yang merupakan ujung Pulau Bangka itu.

Mereka melihat bekas kamar yang digunakan Bung Karno saat diasingkan pada tahun 1948-1949. Kemudian dilanjutkan dengan memanjatkan doa untuk Sang Proklamator dan para pahlawan yang pernah diasingkan di Pesanggrahan itu antara lain Bung Hatta, Ali Sastroamidjojo, M Roem dan  Pringgodigdo.

PANGKALPINANG - Wali Kota Pangkalpinang, Muhammad Irwansyah bersama para pengagum Bung Karno, mengunjungi tempat pengasingan Presiden RI pertama

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News