Hewan Kurban Masih Didatangkan dari Luar

Hewan Kurban Masih Didatangkan dari Luar
Ilustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com - SAMBAS – Kebutuhan hewan kurban di Kabupaten Sambas tahun ini diprediksi sama dengan 2015 lalu. Yakni sebanyak seribu ekor sapi. Namun, sebanyak 14 persen di antaranya didatangkan dari luar.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Sambas Musanif mengatakan, pemantauan stok hewan kurban telah dibahas Bidang Peternakan, termasuk rencana menggelar sosialisasi.

Kemudian sosialisasi dan pemantauan kelayakan serta kesehatan hewan kurban dilakukan, Selasa (30/8) mendatang. “Sekitar 14 persen itu untuk mencukupi kebutuhan hewan kurban di Sambas,” kata Musanif, Jumat (26/8).

Mengahadapi Hari Raya Iduladha 1437 Hijriah, Distanak akan melaksanakan sosialisasi hewan kurban kepada pengurus masjid dan pihak terkait lainnya di Aula Distanak Kabupaten Sambas.

Terutama tentang kelayakan dan kesehatan hewan kurban, baik sapi maupun kambing. Sosialisasi dilaksanakan agar mereka mengetahuinya. Sebab tahun lalu hampir seribu hewan kurban yang dipotong di Kabupaten Sambas.

“Untuk kebutuhan hewan kurban, khususnya sapi, Insya Allah aman. Hal ini berdasarkan pemantauan langsung ke peternak-peternak di Kabupaten Sambas. Untuk stok sapi sekitar seribu ekor, namun yang siap dipotong belum mencukupi, sehingga akan ada tambahan sapi dari luar untuk mencukupi kebutuhan hewan kurang,” ungkapnya. (rk/jos/jpnn)


SAMBAS – Kebutuhan hewan kurban di Kabupaten Sambas tahun ini diprediksi sama dengan 2015 lalu. Yakni sebanyak seribu ekor sapi. Namun, sebanyak


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News