Pastor Kena Sabetan Pisau, Jemaat Langsung Kejar Pelaku Bom Bunuh Diri

Pastor Kena Sabetan Pisau, Jemaat Langsung Kejar Pelaku Bom Bunuh Diri
Ivan Hasugian, mahasiswa yang menjadi pelaku percobaan bom bunuh diri di Gereja Katolik St Josef Medan Minggu (28/8/2016). Foto: ist/Sumut Pos

jpnn.com - MEDAN –  Aksi  bom bunuh diri di Gereja Katolik Santo Yosef, Jalan Dr. Mansur Medan, Minggu (28/8) pagi, bisa dibilang gagal. 

Aksi yang dilakukan Ivan Hasugian itu dilakukan saat jemaat sedang misa pagi. Untungnya, Ivan hanya berhasil meledakkan satu bom berdaya ledak ringan, hingga tidak melukai jemaat.

Pengurus pemuda Gereja Santo Yosef, Welly Limbong menuturkan, saat itu dirinya tengah berada di dalam gereja untuk mengikuti misa saat bom meledak.

Berawal ketika Pastor Albert S. Pandingan hendak memulai khotbah, tiba-tiba seorang pria bernama Ivan Armadi Hasugian (18) berlari mendekati altar, sembari membawa ransel yang mengeluarkan percikan api.

Melihat gelagat itu, Pastor sontak berlari menghindari namun sempat kena sabetan pisau yang dibawa pelaku. Para jemaat yang hadir kemudian mengejar pembawa bom.

"Pelaku meneror di dalam gereja, satu bom sudah meledak, tapi untungnya tidak meledak semua, sehingga pelaku dapat diamankan oleh warga dan petugas," ujar Welly.

Welly yang masih berada di lokasi kejadian menyampaikan, petugas polisi dari gegana, brimob, dan TNI setelah itu langsung menyisir sekitar Gereja Santo Yosef, sepanjang radius 200 meter dari gereja. Pelaku sendiri sudah diamankan oleh petugas untuk diperiksa.

"Info terakhir belum ada yang terluka.  Petugas sedang mengidentifikasi jenis bom dan jumlah bom," ujarnya. (me/rmol/jpnn)


MEDAN –  Aksi  bom bunuh diri di Gereja Katolik Santo Yosef, Jalan Dr. Mansur Medan, Minggu (28/8) pagi, bisa dibilang gagal. 


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News