Warga Tak Mampu Bakal Dapat 18 Flat Baru

Warga Tak Mampu Bakal Dapat 18 Flat Baru
Flat di Surabaya. Foto: JPG/Jawa Pos

SURABAYA – Pemkot Surabaya berencana menyediakan hunian untuk  warga di kota tersebut. Pasalnya, semakin lama, Surabaya kian padat. Data terakhir, tercatat ada 2.943.528 penduduk yang tinggal di Surabaya. Kondisi tersebut tentu mendorong pemkot untuk getol menyediakan hunian. Tahun ini, rencananya ada 18 flat yang dibangun.

Saat ini pemkot mengelola 20 flat yang tersebar di berbagai daerah. Di sana tercatat ada 3.941 unit. Namun, di antara jumlah itu, tak ada satu pun yang kosong. Adapun, yang ingin tinggal di flat juga semakin banyak.

Untuk membangun 18 flat baru tersebut, pemkot akan memanfaatkan asetnya. Pemkot masih memiliki lahan yang cukup. Sebanyak 12 lahan sudah siap bangun. Tanah tersebut berada di Dukuh Menanggal dan Keputih. Di Keputih, ada dua flat yang akan dibangun. Pemkot memiliki tanah yang cukup luas di sana. Tanah tersebut merupakan bekas tempat pembuangan akhir (TPA).

"Di Keputih nanti juga dibangun ruang public space," kata Kepala Dinas Pengelolaan Bangunan dan Tanah (DPBT) Maria Theresia Ekawati Rahayu.

Adapun, enam bidang lain masih perlu pematangan. Salah satunya berada di Siwalankerto. Di sana ada tanah seluas 3 ribu meter persegi. Di Kecamatan Benowo, tanahnya lebih luas, yakni mencapai 46 ribu meter persegi.

Tanah yang masih perlu pematangan, lanjut perempuan yang biasa disapa Yayuk itu, bertatus siap bangun pada tahun depan. Untuk menguruknya, pemkot tidak perlu repot. Sebab, pemkot memanfaatkan tanah sedimentasi buangan sungai yang mencapai 800 ton setiap pekan.

Mantan Kabag Hukum Pemkot Surabaya tersebut menjelaskan, seluruh pembangunan itu diperuntukkan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Biaya sewa flat tersebut juga tidak akan mencekik. (sal/c7/git/flo/jpnn)

 


SURABAYA – Pemkot Surabaya berencana menyediakan hunian untuk  warga di kota tersebut. Pasalnya, semakin lama, Surabaya kian padat. Data


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News