Banjir Bandang Terjang Kalimantan Selatan

Banjir Bandang Terjang Kalimantan Selatan
Ilustrasi. Foto: dok/JPG

jpnn.com - JAKARTA - Banjir bandang menerjang Desa Alat, Hantakan, Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, Minggu (28/8) setelah dilanda hujan deras.

Menurut Juru Bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, tidak ada korban jiwa akibat banjir yang menerjang sekitar pukul 18.00 WITA tersebut.

"‎Korban jiwa nihil, kerugian materil sekitar 300 unit rumah di pinggiran sungai terdampak. Pendataan masih terus dilanjutkan," ujar Sutopo, Minggu (28/8) malam.

Luapan banjir bandang kata Sutopo, juga menggenangi bahu jalan, pasar dan perumahan setinggi 40 cm dan berkisar 2 m saat kejadian. "‎Kronologisnya, banjir bandang diakibatkan hujan dengan intensitas tinggi dan meluapnya Sungai Hantakan yang berada di kaki gunung. Upaya, tim BPBD dan Kodim masih di lapangan guna evakuasi dan pendataan lebih lanjut, terkait dampak dari banjir bandang," ujar Sutopo.

Hujan kata Sutopo, sejak Minggu malam sudah mulai reda. Namun terkait kebutuhan masyarakat, hingga saat ini masih terus dilakukan pendataan. (gir/jpnn)


JAKARTA - Banjir bandang menerjang Desa Alat, Hantakan, Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, Minggu (28/8) setelah dilanda hujan deras. Menurut


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News