Waspadai Kedaulatan Jaringan Backbone Nasional!

Waspadai Kedaulatan Jaringan Backbone Nasional!
Ilustrasi dok.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Nonot Harsono, Komisioner BRTI periode 2009-2015, mengingatkan pemerintah untuk mewaspadai kedaulatan jaringan backbone broadband nasional seiring tren globalisasi cyber yang makin berkembang pesat.

 Jika tidak, dikhawatirkan kedaulatan jaringan backbone broadband nasional justru akan dikuasai pihak asing.

Dijelaskan Nonot Harsono, tren globalisasi cyber berkembang sangat pesat ditandai persaingan dua raksasa perusahaan internet global, yakni Google dan Facebook, yang akan membangun jaringan fiber optik dunia beserta jaringan akses berupa drone, balon, satelit, dan lainnya, meninggalkan operator jaringan yang selama ini telah membesarkan mereka.

“Apalagi jika Google Fiber berlomba dengan Microsoft dan Facebook membangun jaringan backbone nasional di indonesia, maka kedaulatan atas cyber territory Negara Kesatuan RI (NKRI) dan kedaulatan atas sumber daya informasi bisa terlepas,” paparnya kepada wartawan, Minggu (28/8).

Dia mengatakan, wilayah kedaulatan cyber yang sejatinya adalah jaringan broadband nasional akan dikuasai entitas luar negeri, jika tidak diantisipasi dari sekarang. 

“Ini bukan tren andai-andai, tetapi tahapan globalisasi dari negara adikuasa yang selama ini amat konsisten diupayakan melalui beragam bentuk free-trade-agreement, seperti CEPA, AFTA, TPP, dan lainnya,” katanya.

Menyambut era kehidupan online yang segera tiba, lanjut dia, negara penguasa internet dan server global pasti akan berupaya "memaksakan" bab baru dalam perjanjian free trade untuk memuluskan pasar global online. 

Negara yang telah menguasai server big data dan aplikasi analitiknya, serta konten global (seperti Hollywood, Walt Disney, Pixar) akan menjadi penguasa dunia online; apalagi jika mereka menguasai pula jaringan broadband di banyak negara.

JAKARTA – Nonot Harsono, Komisioner BRTI periode 2009-2015, mengingatkan pemerintah untuk mewaspadai kedaulatan jaringan backbone broadband

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News