Sikapi Kejadian di Jambi, Kapolri: Selesaikan Masalah dengan Dialog

Sikapi Kejadian di Jambi, Kapolri: Selesaikan Masalah dengan Dialog
Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Foto: dokumen JPNN

jpnn.com - PADANG — Kapolri Jenderal Tito Karnavian langsung menyikapi peristiwa pembakaran Mapolsek di Jambi dan teror di Medan, Sumut dengan cepat. 

Selain turun ke daerah, Tito juga langsung memeritahkan seluruh kapolda, kapolres dan kapolsek rajin-rajin bicara dengan anggotanya dan santun kepada masyarakat. Poin penting lainnya adalah membangun hubungan baik dengan semua pihak.

“Satuan-satuan kepolisian harus proaktif membangun dialog dengan masyarakat. Kalau ada masalah agar dibangun dengan dialog, bukan dengan kekerasan,” ujar Kapolri saat tiba di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Padang, Minggu (28/8) kemarin.

Pernyataan Kapolri ini menyikapi aksi massa membakar Mapolsek Tabir, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi, Sabtu (27/8) malam. Pembakaran diduga terjadi setelah anggota Polsek Tabir menangkap tiga pelaku penambangan emas tanpa izin (PETI) di wilayah tersebut. 

Kapolda Jambi Brigjen Pol Yazid Fanani telah meninjau lokasi kejadian dan kondisi sudah mulai kondusif.

Tujuannya ke Padang, kata Tito, selain memberikan kuliah umum, juga akan mengevaluasi permasalahan tersebut. “Saya juga akan datang ke Riau agar terbangun hubungan lebih baik dengan masyarakat,” tambahnya seperti diberitakan Padang Ekspress (Jawa Pos Group) hari ini (29/8).

Terkait teror bom rakitan di Gereja Katolik Stasi Santo Yosep di Medan, Minggu (28/8), jenderal bintang empat ini mendapatkan laporan bahwa pelakunya adalah seorang anak yang berusia relatif muda. 

“Yang jelas anak itu umurnya masih belum cukup. Oktober nanti baru 18 tahun, menurut UU perlindungan anak pelakunya masih kategori anak-anak,” katanya didampingi Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dan Kadiv Humas Polri Irjen Pol Boy Rafli Amar, Kapolda Brigjen Pol Basaruddin dan Bupati Padangpariaman Ali Mukhni. 

PADANG — Kapolri Jenderal Tito Karnavian langsung menyikapi peristiwa pembakaran Mapolsek di Jambi dan teror di Medan, Sumut dengan cepat. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News