177 JCH Lolos ke Filipina, Politikus PKB Semprot Menag

177 JCH Lolos ke Filipina, Politikus PKB Semprot Menag
Maman Imanluhaq. Foto: Dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Anggota Komisi VIII DPR Maman Imanluhaq menyemprot Menteri Agama Lukman Hakim Saufuddin, terkait lolosnya 177 jamaah calon haji (JCH) asal Indonesia berangkat haji secara ilegal melalui Filipina.

Ini terjadi setelah Menag Lukman menyampaikan perkembangan penyelidikan kemenag terhadap 177 JCH di Filipina. Namun, Maman menilai bahwa Lukman tidak menyentuh akar permasalahan yang melatarbelakangi kejadian itu.

"Kita melihat seolah-olah persoalan itu adalah kesalahan rakyat terutama KBIH (kelompok bimbingan ibadah haji). Padahal yang ingin kita dengar akar permasalahannya dan solusinya," kata Maman saat rapat kerja dengan Menag Lukman di Komisi VIII DPR, Senin (29/8).

Menurut politikus PKB itu, banyak persoalan yang terus berulang dalam proses pemberangkatan JCH. Salah satunya masalah pengurusan visa, yang dikelola secara tidak profesional. Namun, kemenag di daerah, seperti di Solo, melemparkan tanggungjawab kepada pemerintah daerah.

"Soal visa ini akan terus menerus terjadi, saya pun melihat ke embarkasi Solo, sesuatu dokumen yang berharga itu dikelola secara tidak propesional dan tercecer di mana-mana," ungkapnya.

Kembali pada kasus Filipina, tambah Maman, Menag Lukman menurutnya tidak menyentuh sama sekali soal tanggungjawabnya sebagai Menag. Bahkan, terkesan melempar masalah ke Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Hukum dan HAM. Padahal, masalah ini ulah travel-travel haji nakal yang tidak kunjung ditertibkan.

"Intinya ada travel yang nakal, ada pemberangkatan berkali-kali dan lolos. Jadi bukan kali ini saja. Ini harus ditindak apalagi salah satu travel berkaitan dengan salah seorang petinggi di Kemenag. Banyak travel yang seharusnya mulai dicabut, bodong dan tidak punya izin tapi dibiarkan," pungkas Maman.(fat/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News