Menag: Kondisi 177 JCH Indonesia di Filipina Sangat Memprihatinkan

Menag: Kondisi 177 JCH Indonesia di Filipina Sangat Memprihatinkan
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin juga mengungkapkan bahwa kondisi 177 jamaah calon haji (JCH) asal Indonesia yang berangkat secara ilegal melalui Filipina, kondisinya memprihatinkan.

Ini disampaikan Lukman dalam rapat kerja dengan Komisi VIII DPR pada Senin (29/8). Pada kesempatan itu, ia menyatakan ratusan JCH tersebut merupakan korban sindikat yang terorganisir. 

"Setelah tujuh sampai sembilan hari mereka berada di detensi imigrasi Filipina, dalam kondisi yang sangat memprihatinkan, karena penampungan tidak didesain untuk ratusan orang. Mereka dicampur dengan kriminal lain dengan makanan yang tidak cukup baik," kata Lukman.

Baru sejak dua hari lalu ratusan JCH yang gagal berangkat tersebut dipindah ke KBRI Manila. Namun, hingga saat ini mereka belum diperkenankan otoritas setempat pulang ke tanah air karena masih dalam rangka penyelidikan.

"Tapi kami kementrian agama terus melakukan koordinasi dengan kemenlu secara intens. Mudah-mudahan dalam waktu yang tidak terlalu lama mereka bisa pulang. Mereka mengalami tekanan luar biasa," pungkas mantan politikus Senayan itu.(fat/jpnn)

JAKARTA - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin juga mengungkapkan bahwa kondisi 177 jamaah calon haji (JCH) asal Indonesia yang berangkat secara


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News