Terbongkar! Alasan PDIP tak Segera Umumkan Cagub DKI

Terbongkar! Alasan PDIP tak Segera Umumkan Cagub DKI
Ilustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com - JAKARTA – Meski memiliki kursi terbanyak di DPRD DKI Jakarta, PDIP belum juga memutuskan sosok yang akan diusung sebagai bakal calon gubernur ibu kota. PDIP jelas kalah start dengan Gerindra yang sudah mengusung Sandiaga Uno.

Wakil Gubernur DKI sekaligus Ketua Bidang Keanggotaan dan Organisasi DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat mengatakan, partainya selalu mengedepankan dialog dan musyawarah untuk menentukan cagub.

Karenanya, sampai saat ini pihaknya masih terus menampung aspirasi masyarakat serta mempertimbangkannya di tingkat DPP.

"Dalam menetapkan  bakal calon,  partai mengedepankan proses  dialog, musyawarah untuk mufakat," ungkapnya di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin (29/8).

Menurut Djarot, PDIP  tidak menggunakan sistem voting dalam menetapkan pilihan. "Artinya keputusan yang diambil selalu kolektif, tidak bersifat personal. Itu sangat penting karena  nanti akan bergerak bukan orang per orang tapi seluruh jajaran partai," tuturnya.

Mantan Wali Kota Blitar itu menerangkan, proses akhir sudah hampir rampung, yakni berada di kisaran 90 persen. Proses yang terkesan lama, sambung Djarot, dikarenakan PDIP memprioritaskan daerah luar Jawa yang juga sama-sama melaksanakan Pilkada serentak.

"Sebanyak 40 daerah di luar Jawa ya (melaksanakan Pilkada) yang harus kami segera selesaikan,  setelah itu Banten dan  DKI Jakarta," tutupnya. (uya)


JAKARTA – Meski memiliki kursi terbanyak di DPRD DKI Jakarta, PDIP belum juga memutuskan sosok yang akan diusung sebagai bakal calon gubernur


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News