Siswa SMA dan SMP Jakarta Ditantang untuk Hemat Energi

Siswa SMA dan SMP Jakarta Ditantang untuk Hemat Energi
Siswa SMA dan SMP Jakarta Ditantang untuk Hemat Energi

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyelenggarakan lomba hemat energi di rumah dan sekolah bagi siswa SMP dan SMA untuk wilayah Jabodetabek, Senin (29/8). 

Menurut Direktur Konservasi Energi Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (DJEBTKE) Farida Zed, peluncuran lomba hemat energi digelar, demi mewujudkan perubahan prilaku masyarakat, terutama para remaja. Sehingga dapat menjadi pelopor masyarakat hemat energi di sekitarnya.

"Prilaku hemat energi merupakan kewajiban bersama seluruh masyarakat. Saat ini Indonesia masih tergolong boros dalam menggunakan energi," ujar Farida di Balai Kartini, Senin siang. 

Menurut Farida, kenyataan mayoritas masyarakat boros ddalam penggunaan energi, dapat dilihat secara nyata dalam kehidupan sehari-hari. Di mana terlihat tingkat konsumsi energi yang cukup tinggi. 

"Perubahan prilaku dapat dilakukan dengan efektif melalui pembiasaan. Jadi kegiatan ini dimaksudkan agar siswa sekolah dapat memahami dan mempraktikkan pengetahuannya tentang konservasi energi," ujar Farida. 

Selain di Jakarta, lomba hemat energi di rumah dan sekolah juga bakal dilaksanakan di tiga kota lain. Yaitu Bandung, Surabaya dan Denpasar. Untuk Jabodetabek, pelaksanaan lomba diikuti 30 sekolah. Sementara di Bandung diikuti 20 sekolah, Surabaya 20 sekolah dan Denpasar 21 sekolah.

"Lomba akan berlangsung selama tiga bulan. Para guru dan siswa ditantang berkreasi dan berinovasi dalam menerapkan prilaku hemat energi. Baik di rumah maupun sekolah. Setiap bulannya para siswa akan mengikuti berbagai kompetisi bulanan. Yaitu membuat video, jingle, mural, arsitektur dan fotografi dengan tema hemat energi," ujar Farida.(gir/jpnn)


JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyelenggarakan lomba hemat energi di rumah dan sekolah bagi siswa SMP dan SMA untuk


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News