Ada Apa nih? KPK, BPK, Menkeu, Ketemuan di DPR Sampai Malam

Ada Apa nih? KPK, BPK, Menkeu, Ketemuan di DPR Sampai Malam
Ade Komarudin. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Sejumlah pimpinan lembaga tinggi negara mengadakan pertemuan di gedung DPR Jakarta, Senin (29/8), dari sore hingga malam. Mulai dari pimpinan KPK, BPK, Menteri Keuangan dan Kepala Bappenas.

Ketua DPR Ade Komarudin mengatakan pertemuan tersebut dalam rangka rapat konsultasi memperkuat komitmen pemerintah dan DPR agar pembahasan APBN ke depan berlangsung secara bersih dan baik.

"Ada beberapa catatan penting dan karena ini rapat konsultasi bukan mengambil kesimpulan," kata Ade usai pertemuan dengan pimpinan KPK Laode Muhammad Syarif, Ketua BPK Harry Azhar Azis, Menkeu Sri Mulyani dan Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, Senin malam.

Beberapa kesepakatan itu adalah, pertama, DPR dan pemerintah akan bersama-sama membahas APBN secara prosedural, mulai dari perencanaan di lingkungan pemerintah sampai dengan pembahasan di lingkungan DPR.

"Kedua, DPR dan pemerintah sama-sama bertujuan menciptakan clean governance dan good governance dalam proses penetapan dan pelaksanaan APBN. DPR meminta, pemerintah juga betul-betul melaksanakan anggaran ini dilakukan dengan menerapkan money follow program," tegas Akom-sapaan Ade.

Ketiga, segala permasalahan dalam pelaksanaan APBN atau bila terjadi kekeliruan dalam tranfer daerah, harus dicarikan solusinya agar tidak terjadi tumpang tindih kewenangan. Dalam hal ini pemerintah harus melakukan restrukturisasi atau penyesuaian, sehingga dilaksanakan secara efektif dan optimal tanpa ada area abu-abu. "Semua harus jelas," tegas Akom.

Keempat, DPR menghargai pandangan pemerintah soal pelaksanaan fungsi DPR sebagai agregasi demi kepentingan rakyat, terutama di daerah pemilihan. Diharapkan pemerintah dapat mengakomidasi usulan anggota terkait pembangunan dapil sesuai janji saat anggota dilantik.

Kelima, DPR mengapresiasi kerja KPK yang mendorong transparansi dalam keuangan negara. DPR meminta pemerintah meningkatkan peran aparatur pemeriksa instansi pemerintah (APIP) dan menjadikannya lebih independen dalam bekerja.

JAKARTA - Sejumlah pimpinan lembaga tinggi negara mengadakan pertemuan di gedung DPR Jakarta, Senin (29/8), dari sore hingga malam. Mulai dari pimpinan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News