Ribuan Siswa Bersaing dalam FLS2N 2016

Ribuan Siswa Bersaing dalam FLS2N 2016
Ilustrasi. Foto: kemendikbud

jpnn.com - MANADO - Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2016 resmi dibuka oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, di Manado, Senin (29/8). 

Sebanyak 2.945 siswa  SD, SMP, SMA, dan SMK, serta siswa berkebutuhan khusus dari berbagai wilayah tanah air, tercatat sebagai peserta FLS2N 2016 dengan tema "Berkreasi, Berkarya, dan Berprestasi".

Mendikbud Muhadjir Effendy berharap, melalui FLS2N, para siswa bisa saling memahami dan menghargai kekayaan budaya yang dimiliki bangsa Indonesia. Mereka juga diharapkan membangun solidaritas antarsiswa, dan membangun kehidupan harmoni dalam ikatan Bhinneka Tunggal Ika.

"Manfaatkan kegiatan ini untuk membangun persaudaraan antarsiswa," ujar Mendikbud dalam pernyataan resminya.

Ia juga mengatakan, kegiatan berkesenian dalam dunia pendidikan harus terus dilaksanakan. Dengan berkesenian, kata Mendikbud, siswa akan mampu mengasah kepekaan hati yang bisa memperhalus budi pekerti dan tingkah laku, serta rasa empati. 

Ia menuturkan, penyelenggaraan FLS2N juga menjadi bagian dari pengembangan dan penguatan karakter siswa dalam mewujudkan Nawacita di bidang pembangunan karakter bangsa. 

"Kemampuan siswa perlu dikembangkan, tidak hanya di bidang seni, tapi juga di bidang keagamaan, akademik dan olah raga," tutur Mendikbud.

Sementara Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey menyampaikan apresiasi kepada pemerintah pusat atas kepercayaan yang diberikan sebagai tuan rumah FLS2N 2016. "Mudah-mudahan dalam FLS2N kita mendapatkan generasi yang aandal di bidang seni. Mereka wajib kita dukung sebagai penghargaan terhadap kreativitas seni dan budaya, sehingga mereka akan tambah mencintai dan bangga terhadap kesenian dan budaya yang kita miliki," tandasnya. (esy/jpnn)


MANADO - Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2016 resmi dibuka oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dan Gubernur Sulawesi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News