#StopBayarPajak Marak, Simak nih Tanggapan Dirjen

#StopBayarPajak Marak, Simak nih Tanggapan Dirjen
Mengurus pajak. Ilustrasi Foto: Imam Husein/dok.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Belakangan ini mulai muncul sorotan publik terhadap program tax amnesty yang sedang digeber pemerintah.

Berawal dari kisah seorang pensiunan di Bekasi yang merasa "dikerjai" petugas pajak di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Bekasi, muncul tagar #StopBayarPajak di Twitter. Hal tersebut merupakan bentuk keresahan dan kekecewaan masyarakat terhadap program pengampunan pajak tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Dirjen Pajak Ken Dwijugiasteadi menuturkan, pihaknya telah mengonfirmasi keberadaan pensiunan tersebut ke KPP yang dimaksud. Namun, hasilnya nihil. Dia pun mengaku menyikapi dengan santai kisah yang beredar luas di media sosial tersebut. 

"Saya tanya KPP (Bekasi) itu tidak ada. Makanya saya tanya KPP yang mana. Kalau cerita ya gitu. Saya baca sambil tenang saja. media sosial itu biasa," urainya saat ditemui di Gedung DPR, kemarin (29/8).

Ken mengatakan, keresahan di kalangan masyarakat muncul bukan karena tidak paham dengan tax amnesty. Hal tersebut disebabkan, DJP kian disegani masyarakat, sehingga muncul kekhawatiran.

"Bukan karena mereka nggak paham, tapi karena animo masyarakat tinggi dan ternyata DJP disegani. Banyak yang takut juga. Disegani lah. Masyarakat sadar berbangsa dan bernegara dan ingin bergotong royong,"katanya.

Ken melanjutkan,  untuk mengatasi keresahan masyarakat, pihaknya telah mengeluarkan Peraturan Direktur Jenderal (Perdirjen) Nomor 11 yang akan menjawab teknis pelaksanaan tax amnesty secara lebih rinci, seperti pensiunan, harta, rumah, dan lainnya. 

"Tax amnesty kan hak. Dia (masyarakat) tidak mau menggunakan haknya ya tidak apa. Kalau mau pembetulan Surat Pemberitahuan (SPT) silakan dan tidak akan dilakukan pemeriksaan," paparnya.

JAKARTA – Belakangan ini mulai muncul sorotan publik terhadap program tax amnesty yang sedang digeber pemerintah. Berawal dari kisah seorang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News