Geger! Sepasang Bocah Temukan Benda dari Zaman Klasik di Kebun Bawang

Geger! Sepasang Bocah Temukan Benda dari Zaman Klasik di Kebun Bawang
Safii Alfa Reza dan Safira Ah-Zahra dan patung batu yang mirip arca Ganesha yang mereka temukan di kebun bawang sekitar rumahnya, Senin (29/8) siang. Foto: berita kota makassar

jpnn.com - ENREKANG - Safii Alfa Reza (10) dan Safira Ah-Zahra (6), dua bocah bersaudara di Dusun Mampu, Desa Mampu, Kecamatan Anggeraja, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan bikin warga geger.

Senin (29/8), sepasang anak dari Hawa Ondeng itu menemukan benda mirip patung Ganesha, saat sedang asyik bermain di kebun bawang merah.

Patung yang diduga peninggalan arkeologi dari zaman klasik ini, terbuat dari batu setinggi sekitar 60 cm. “Anakku yang temukan itu patung,” kata Hawa Ondeng, seperti dikutip dari Berita Kota Makassar, Selasa (30/8). 

Temuan artefak ini terbilang penting. Sebab, di Sulawesi Selatan pengaruh zaman klasik (Hindu-Budha) nyaris tidak membumi. Temuan ini sekaligus menjadi petunjuk penting bagi para ahli arkeologi dan sejarah untuk mengungkap keberadaan artefak tersebut di wilayah Enrekang. 

Dari literatur yang ada, penemuan penting artefak zaman klasik yakni Arca Buddha Sampaga pernah ditemukan di pesisir pantai wilayah Sulawesi Barat. (suherman karim/adk/jpnn)

ENREKANG - Safii Alfa Reza (10) dan Safira Ah-Zahra (6), dua bocah bersaudara di Dusun Mampu, Desa Mampu, Kecamatan Anggeraja, Kabupaten Enrekang,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News