Ekonomi Kerakyatan Harus Berkembang di Danau Toba

Bang Mindo Tebar Ratusan Ribu Benih Ikan

Ekonomi Kerakyatan Harus Berkembang di Danau Toba
Ketua DPP PDIP Bidang Buruh, Tani dan Nelayan, Mindo Sianipar (berkemaja putih lengan pendek berdiri di tengah) saat menabur benih di Danau Toba, Tapanuli Utara, Selasa (30/8). Foto: DPP PDIP for JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Ketua DPP PDIP Mindo Sianipar meminta Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memberi perhatian lebih pada Danau Toba di Sumatera Utara. Mindo yang juga anggota Komisi IV DPR itu berkeinginan agar Danau Toba bisa diandalkan kembali sebagai sumber pencaharian bagi masyarakat setempat.

Mindo mengatakan hal itu saat menebar benih ikan di Danau Toba, Selasa (29/8), dalam rangka kunjungan lapangan ke tiga kabupaten di Sumut, yakni Tobasa, Samosir dan Tapanuli Utara. "Saya meminta kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk bersama-sama memikirkan untuk mengembalikan Danau Toba menjadi tempat sumber mata pencaharian penduduk lewat tebar benih ikan di Danau Toba,” ujarnya sebagaimana dikutip dari siaran pers DPP PDIP.

Ia menambahkan, Danau Toba harus dioptimalkan demi menggerakkan ekonomi kerakyatan. Menurutnya, ekonomi kerakyatan itu pula yang kini jadi fokus perhatian PDIP.

Dalam kesempatan itu, Mindo bersama anggota Komisi IV Efendy Sianipar, unsur pemerintah daerah setempat dan perwakilan KKP menebar berbagai jenis benih ikan. Antara lain ikan batak (5.000 ekor), jelawat (50 ribu), serta nilem, tawes dan jelawat masing-masing lebih dari 50 ribu ekor.

Jenis ikan yang ditebar itu sesuai rekomendasi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan KKP. Diharapkan dalam kurun waktu enam bulan ke depan, masyarakat setempat sudah bisa memanennya dengan cara yang ramah lingkungan.

Selain menebar benih ikan di Danau Toba, Mindo juga memfasilitasi penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara petani jagung di Tapanuli Utara dengan pengusaha. Penandatanganan MoU untuk pemanfaatan lahan yang meganggur itu juga disaksikan oleh Bupati Taput Nikson Nababan.

Mindo yang juga ketua DPP PDIP bidang buruh, tani dan nelayan itu mengharapkan kepada para bupati di wilayah sekitar Danau Toba untuk mendukung program partainya dalam mewujudkan ekonomi kerakyatan dengan tetap menjaga kelestarian ekosistem dan keindahan danau terbesar di Indonesia tersebut. 

"Saya berharap agar para bupati mendukung program-program kerakyatan PDI Perjuangan lewat membangun titik-titik ekonomi rakyat yang riil," harapnya.(ara/jpnn)

JAKARTA - Ketua DPP PDIP Mindo Sianipar meminta Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memberi perhatian lebih pada Danau Toba di Sumatera Utara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News