Ribuan Koperasi Dibikin Online Tanpa Investasi Besar

Ribuan Koperasi Dibikin Online Tanpa Investasi Besar
Ilustrasi. Foto: Jawa Pos.Com

jpnn.com - JAKARTA – Bank Kesejahteraan Ekonomi menjadikan ribuan ribuan koperasi konvensional menjadi koperasi digital atau e-koperasi. Hebatnya, anak usaha PT Taspen itu tak melakukan investasi besar-besaran.

Sebab, perusahaan memanfaatkan PT Telkom untuk penyedia teknologi informasi.   

”Koperasi akan menjadi partner modern. Kita kerja sama dengan PT Telkom yang akan kita launching.  Dengan perangkat IT yang dimiliki PT Telkom, koperasi konvensional diubah menjadi koperasi modern,” ungkap Direktur Utama Bank BKE Sasmaya Tuhuleley.

Dia menambahkan, launching keja sama pihaknya dengan PT Telkom rencana akan berlangsung pada 8 September 2016. Saat launching nanti masih akan ada sembilan e-koperasi.

Nantinya, ditargetkan akan ada 1.500 koperasi yang online. Dengan e-koperasi, maka seluruh layanan akan standar dan transparan karena terpantau secara online. ”Bahkan bisa dipantau lewat mobile,” paparnya.

Nantinya, mitra-mitra koperasinya itu yang bakal menjadi ‘kantor-kantor cabang’ Bank BKE di seluruh Indonesia. Pihaknya memang menerapkan strategi bank tanpa cabang (branchless banking).

Nasabah koperasi itu nantinya sekaligus sebagai agen yang akan menjalankan layanan Bank BKE. Antara lain layanan tabungan, penyaluran kredit, dan transaksi pembayaran tiket atau pembayaran layanan umum.

Hanya saja, untuk pertama kali masih diterapkan layanan transaksi pembayaran dulu. Akan berlaku sistem bisnis bagi hasil tripartit.  Misalnya layanan pembayaran PLN, komisi dari PLN akan dibangi bertiga antara koperasi, PT Telkom, dan Bank BKE. (dni/far/jos/jpnn)


JAKARTA – Bank Kesejahteraan Ekonomi menjadikan ribuan ribuan koperasi konvensional menjadi koperasi digital atau e-koperasi. Hebatnya, anak


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News