Ibu-Ibu… Ini Caranya Kurangi Gula pada Anak

Ibu-Ibu… Ini Caranya Kurangi Gula pada Anak
Ilustrasi. Foto: techtimes.com

jpnn.com - Mengurangi junk food dan makanan manis bisa mencegah anak dari kecanduan makanan tak sehat di kemudian hari, bahkan sepanjang hidupnya. Konsumsi gula yang berlebihan memiliki potensi untuk membahayakan kesehatan anak.

Penyerapan karbohidrat sederhana (misalnya makanan kemasan, permen,) yang terlalu cepat ke dalam darah akan memicu kenaikan kadar insulin, yang menyebabkan efek roller-coaster pada kadar gula darah anak.

Tapi hal ini bisa dicegah dengan cara memberikan asupan yang kaya serat, misalnya sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan dan biji-bijian. Selain mencegah mood swing akibat kadar gula darah yang naik turun secara cepat, asupan serat juga memiliki manfaat tambahan dalam menurunkan risiko terkena diabetes kelak.

Apakah ada cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi kecanduan gula pada anak? Berikut ini caranya, seperti dilansir laman Today:

1. Makan sarapan sehat

Sumber utama gula termasuk sereal, jus, susu coklat dan yogurt. Pilihan sehat: Pilih yogurt plain dan menambahkan topping Anda sendiri seperti buah segar, kacang atau sereal rendah gula.

2. Memikirkan kembali kebiasaan makanan penutup Anda

Semuanya baik-baik saja jika dimoderasi. Cobalah untuk mengajar anak-anak Anda untuk melihat makanan penutup sebagai hadiah, bukan waktu untuk makan total berlebihan.

Pilihan sehat: Membuat kebab buah dengan stroberi segar, anggur beku atau pisang. Ide lain adalah dengan mempersiapkan makanan penutup Anda sendiri sehingga Anda bisa mengontrol jumlah gula.

3. Ubah apa yang Anda minum

Pilihan sehat: Be creatif! Susu plain dengan sedikit sirup. Ide padat karya lainnya adalah dengan membuat es batu jus buah dan menambahkannya ke air mineral untuk sedikit rasa atau Anda bisa menambahkan lemon, jeruk nipis dan buah lainnya.(fny/jpnn)


Mengurangi junk food dan makanan manis bisa mencegah anak dari kecanduan makanan tak sehat di kemudian hari, bahkan sepanjang hidupnya. Konsumsi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News